oleh

Siswa SD di Magetan Kerjakan Ulangan PAS di Rumah

Seorang siswa SD di Magetan sedang mengerjakan soal PAS di rumahnya di wilayah Tambran, Magetan, Senin (7/12).

Beritatrends, Magetan – Penilaian akhir semester (PAS) untuk jenjang SD dan SMP di Magetan tetap berlangsung, meskipun ada kebijakan siswa belajar dari rumah karena masa pandemi.

Untuk siswa SD, PAS dilaksanakan secara tertulis. Tata caranya, orangtua murid mengambil soal ke sekolah, kemudian anak didik mengerjakan soal tersebut di rumah.

Dan Sementara bagi murid SMP, mengerjakan soal secara daring (dalam jaringan).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Magetan Suwata mengatakan siswa jenjang SD mengerjakan PAS di rumah. Orangtua mengambil soal ke sekolah, kemudian anak didik mengerjakan soal tersebut di rumah. “Penilaian akhir semester untuk SD sudah mulai Senin (7/12) dan berakhir Sabtu (12/12),” terangnya, Senin (7/12).

Dijelaskanya, PAS digelar untuk mengevaluasi pembelajaran daring yang selama ini sudah dilakukan. Diharapkan dalam proses PAS ini orangtua mengawasi dengan baik dan benar. Maksudnya agar mendampingi dengan sungguh-sungguh dan benar, namun orangtua tidak memberitahu jawaban soal-soal PAS.

“Jadi biarkan mereka (anak didik, Red) menjawab secara mandiri, supaya kita bisa mengetahui tingkat kemampuan selama belajar daring karena pandemi Covid-19,” imbuh Suwata.

Ditambahkan oleh Suwata, mekanisme pengambilan soal PAS untuk siswa SD langsung diambil ke sekolah. Bagi yang jaraknya jauh, soal bisa diambil sekaligus sesuai kebijakan sekolah. Soal dan lembar jawaban diberikan sesuai dengan jumlah mata pelajaran.

Intinya pengambilan soal menyesuaikan zonasi, kemudian soal yang sudah dikerjakan dibawa ke sekolah. “Untuk pengawasan tetap dimonitor oleh gurunya. Siswa dikunjungi oleh gurunya ke rumah-rumah,” tutur Suwata.

Sementara itu untuk siswa jenjang SMP, PAS sudah dilakukan sesuai jadwal masing-masing di sekolah. Ada yang sedang berlangsung maupun sudah selesai melaksanakan PAS.

Bahkan, Menurut Suwata, PAS ada pula yang dilakukan tertulis terutama bagi siswa yang mengalami masalah jaringan koneksi internet. “Tetapi tidak semua siswa dibantu soal tertulis, yang mengerjakan soal tertulis yang ada masalah jaringan internet. Sebagian besar pelaksanaan PAS dilakukan secara daring,” tandasnya. (Gal)

News Feed