oleh

Rapat Koordinasi Bawaslu : Sinergitas Persiapan Pengawasan Pilkada Ponorogo

Bawaslu Ponorogo bersama TNI-Polri dan Forpimda mengikuti Rapat Koordinasi Sinergitas Persiapan Pengawasan Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020

 

Beritatrends, Ponorogo – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ponorogo menggelar Rapat Koordinasi Sinergitas Persiapan Pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo Tahun 2020 di Hall Hotel Gajah Mada, Sabtu (5/12).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Bupati Ponorogo DR. Drs. Soedjarno, MM, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis, SH, SIK, M.Si, Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf. Sigit Sugiharto, Kapolsek Jajaran Polres Ponorogo, Danramil Jajaran Kodim 0802 Ponorogo, Komisioner Bawaslu Ponorogo, Panwascam Masing-masing Kecamatan dan staf Bawaslu Ponorogo.

“Pada dasarnya Bawaslu akan mengupayakan adanya sinergitas dalam pengawasan Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020. Ada 2.080 PTPS yang telah terbentuk. Tanggal 26-2 Desember 2020 telah dilaksanakan giat rapid test, dari hasil rapid test ada yang dinyatakan reaktif ada pula yang positif. PTPS yang positif Covid 19 akan di adakan PAW/pergantian, “kata Ketua Bawaslu Ponorogo Muh. Syaifulloh.

Muh. Syaifulloh menambahkan, tanggal 6-8 Desember 2020 memasuki masa tenang tidak diperbolehkan adanya kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan kampanye. Dan pihaknya berharap jngan sampai dimasa tenang sampai dengan hari H tidak ada money politik.

“Dan diharapkan pihak Kepolisian dan TNI ikut membantu melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan Pilkada Kabupaten Ponorgo tahun 2020. Dan Hari Minggu, 6 Desember 2020 akan dilaksanakan apel bersama dilanjutkan patroli skala besar tujuan nya adalah untuk menertibkan Kabupaten Ponorogo dari alat peraga kampanye, “imbuh Muh. Syaifulloh.

Plt Bupati Ponorogo Soedjarno menyampaikan, bahwa sasana Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020 ini, semakin memanas dikarenakan semakin dekatnya hari H pemilihan atau pencoblosan.

“Untuk itu, perlunya Apel bersama dan patroli skala besar untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat disaat tahapan masa tenang. Dan diharapkan Bawaslu Ponorogo netral dalam Pilkada Kabupaten Ponorogo ini. Terkait dengan lonjakan kasus Covid 19 di Ponorogo, agar undangan yang hadir hari ini senantiasa mengingatkan dan mengarahkan baik kepada masyakat maupun kepada panitia oemilihan suara agar selalu mematuhi protokol Covid 19, “kata Soedjarno.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan, bahwa pihaknya berharap kegiatan tahapan Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020 berjalan aman lancar terkendali serta kondusif. Polres Ponorogo dan Satwil jajaran pelaksana pengamanan Pilkada dengan Instansi terkait dan mitra Kamtibmas saat ini melaksanakan Oprasi Kepolisian Mantap Praja Semeru tahun 2020 yang disesuaikan dengan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid 19.

“Kerawanan masa tenang mobilisasi dengan intimidasi dan politik uang, pelanggaran alat peraga, upaya mempengaruhi untuk golput. Sedangkan kerawanan saat pungut suara bencana alam, intimidasi dan aniaya, pengrusakan dan pembakaran, alah gunakan hak pilih dan penyebaran Covid 19. Dari 2.080 TPS ada 1 TPS rawan yakni di lapas. Untuk itu, tngkatkan patroli dialogis, lakukan deteksi dini dan deteksi aksi, menghimbau masayarakat agar selalu patuh dengan protokol kesehatan Covid 19, dan TNI-Polri serta ASN harus netral dalam Pilkada, “papar AKBP Mochamad Nur Azis.

Dandim 0802 Ponorogo Letkol Inf. Sigit Sugiharto menuturkan, terkait masalah netralitas, TNI 100% netral dalam Pilkada Kabupaten Ponorogo.

“TNI bersama Polri selalu bersinergitas dengan pihak terkait untuk selalu bersama sama mengawasi dan menjaga setiap tahapan Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun 2020. Dan kita berharap Pilkada Kabupaten Ponorogo tahun ini berjalan denga aman, sejuk, damai, dan lancar sehingga akan tujuan kita terwujud. Selain itu, juga menghimbau agar mematuhi protokol kesehatan Covid 19, “pungkas Letkol Inf. Sigit Sugiharto.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan penandatangan MOU Sinergitas Persiapan Pengawasan Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Ponorogo tahun 2020.(sul)

News Feed