oleh

Desa Genilangit Sabet Penghargaan Dewi Cemara di Ajang Jambore Desa Wisata dan Pokdarwis 2020

Duta Wisata Bagus Dyah Magetan (Kiri), Maryanto perwakilan Desa Genilanit (Tengah), Widia Astuti Ketua Pokdarwis Magetan, menunjukkan piagam penghargaan Dewi Cemara yang diraih Desa Genilangit di ajang Jambore Desa Wisata dan Pokdarwis 2020.

Beritatrends, Magetan – Upaya masyarakat Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan dalam mengelola pariwisata di Desanya berbuah manis. Dengan dinobatkanya Desa Genilangit menjadi salah satu peraih penghargaan Desa Wisata Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera (Dewi Cemara).

Penghargaan ini diberikan oleh Dinas Pariwisata Kebudayaan Provinsi Jawa Timur saat acara Jambore Desa Wisata dan Pokdarwis 2020 yang digelar Di jatim Park 3 Malang, pada 3 -5 Desember.

Penghargaan Dewi Cemara diberikan setiap tahunnya melalui penjaringan seluruh desa wisata di Jawa Timur, dengan banyak parameter dan indikator.

Pada tahun 2020 ini, dari 439 Desa wisata di Jawa Timur, hanya 8 Desa terbaik yang terpilih menyabet penghargaan ini.

Desa wisata yang telah mendapatkan penghargaan artinya mereka termasuk desa-desa terbaik yang bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan di bidang pariwisata.

Dengan perolehan ini maka desa yang bersangkutan layak mendapatkan SK dan predikat Desa Wisata.

Ketua Pokdarwis Kabupaten Magetan⁣, Widia Astuti mengatakan, Dengan penghargaan ini maka Desa Genilangit sudah bisa disandingkan dengan desa-desa wisata top lainnya di Jawa Timur, seperti Pujon Kidul, Gubuk Klakah, Taman Sari Banyuwangi dan Puspo Jagad.

“Pencapaian yang tidak mudah karena melalui proses dan perjuangan yang panjang,” tuturnya.

Forum komunikasi Pokdarwis Kabupaten Magetan merupakan organisasi yang selama ini mengawal desa wisata di Magetan melalui Pokdarwis Jawa Timur.

Salain penghargaan Desa Wisata, Kabupaten Magetan juga terpilih menjadi 10 stand terbaik dari 34 perwakilan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Stand Kabupaten Magetan pada memamerkan produk UMKM Magetan seperti batik Pringsedapur, batik Ecoprint, Dodol Labu Siam, makanan kering desa Genilangit, kopi dan paket-paket wisata desa wisata Randugede Hidden Paradise. ⁣(Gal)

News Feed