oleh

Inovasi Masker Untuk Penyandang Disabilitas Tunarungu dan Tunawicara Dengan Memanfaatkan Bahan Organik

memanfaatkan bahan organik

Beritatrends, Sidoarjo – Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat semua orang harus mengenakan masker saat berpergian dan bertemu dengan orang lain.

Namun hingga saat ini masih belum tersedia tersedianya masker khusus untuk penyandang disabilitas tunarungu dan tunawicara. Hal ini mendorong siswa SMAN 3 Sidoarjo untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Tim Vincere yang beranggotakan Nazli Amaliya Ramadhani, Najwa Awwaliyah, dan Regita Nadia Putri dari SMAN 3 Sidoarjo dengan pembimbing bapak Deni Ainur Rokhim, S.Pd. menciptakan sebuah masker organik untuk penyandang disabilitas tunarungu dan tunanetra yang berbahan dasar organik.

Adapun proses yang dilakukan adalah, yang pertama melakukan survei kepada masyarakat. Kemudian mendesain masker yang cocok untuk penyandang disabilitas tunarungu dan tunanetra yang tetap memerhatikan standart kesehatan, kenyamanan, dan ramah lingkungan.

Inovasi ini diciptakan sebagai masker kesehatan organik yang dapat mempermudah teman-teman penyandang disabilitas tunarungu dan tunanetra dalam berkomunikasi yang mengandalkan gerak bibir. Sehingga mereka tidak lagi harus melepas masker saat hendak berkomunikasi. (Deny)

News Feed