oleh

Pemkab Usulkan Raperda Kabupaten Layak Anak

Sidang paripurna DPRD kabupaten Magetan.

Beritatrends, Magetan – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan usulkan Rancangan peraturan daerah (Raperda) Kabupaten layak anak kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Magetan untuk dibahas.

Usulan Bupati Magetan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Magetan Ir. Hergunadi, Jum’at (4/12/2020) saat sidang paripurna yang dipimpin oleh dr. Pangajoman, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magetan bersama 24 anggota DPRD di Ruang Rapat DPRD Jl. Pahlawan No.1 Magetan.

Dikatakan Ir. Hergunadi, MT, Sekda Kabupaten Magetan, Raperda Kabupaten Layak Anak ini sudah selayaknya ditetapkan di Magetan, untuk menjadi pedoman payung hukum terhadap penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak.”Dari ketelitian dan pembahasan yang telah dilakukan Bapemperda setempat, Raperda Kabupaten Magetan tentang Kabupaten Layak Anak sudah memenuhi unsur – unsur pembentukannnya,” ungkapnya, saat paripurna.

Usulan Raperda Kabupaten Layak Anak yang disampaikan pihak eksekutif ini telah disertakan dengan naskah akademik, sesuai dengan Pasal 22 Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

“Saya menyampaikan apresiasi yang sebesar2nya kepada DPRD Kabupaten Magetan, khususnya kepada ketua dan anggota Bapemperda yang telah bekerja keras tanpa mengenal lelah, dan telah meluangkan waktu serta tenaga  untuk membahas Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Magetan tentang Kabupaten Layak Anak,” ucap Sekda.

Pihaknya juga menyambut baik atas pendapat Fraksi – fraksi DPRD Kabupaten Magetan yang telah menyampaikan harapan, saran dan masukan serta kritik yang bersifat  membangun terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah ini.

Dan Kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak selaku pemrakarsa Raperda tersebut agar segera melakukan sosialisasi dan menyusun Petunjuk Pelaksanaan atau Peraturan Bupati atas Peraturan Daerah itu.

“Sehingga Peraturan Daerah yang telah ditetapkan dan diundangkan dapat dilaksanakan secara efektif dalam menunjang penyelenggaraan pembangunan pemerintahan dan kemasyarakatan di Kabupaten Magetan,” jelasnya

Dalam raperda yang merujuk kepada UU nomor 23 tahun 2002 terdapat ketentuan yang bisa melindungi dan mencegah anak2 – anak du Magetan dari tindak kriminalitas, pembodohan dan perlindungan dari bahaya penyalahgunaan media sosial dan bahaya dunia malam.

DPRD Magetan yang telah berinisiatif menyusun Raperda tentang Kabupaten Layak Anak (KLA), dengan adanya Perda KLA diharapkan akan menjadi payung hukum bagi Pemkab dan masyarakat dalam menyelenggarakan Kabupaten Layak Anak agar terlaksana secara terencana, terpadu dan sistematis guna menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. (Gal)

News Feed