oleh

SDA DPUPR Kabupaten Magetan Menekan Terjadinya Bencana Longsor 

Rehabilitasi Jaringan Irigasi di Kelurahan Bulukerto Magetan

Beritatrends. Magetan – Dimasa Pandemi saat ini tak menjadi hambatan bagi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) di bidang Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Magetan untuk terus melakukan kegiatan pembangunan Infrastruktur.

Dinas PUPR Magetan bidang SDA melakukan kegiatan Rehabilitasi dan Peningkatan Jaringan Irigasi yang ada di Kelurahan Bulukerto, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan Jawa Timur.

Mengingat memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi hingga lebat kemungkinan besar akan mengakibatkan bencana longsor yang akan terjadi.

Kepala Kelurahan Bulukerto Saiful Priyo Utomo,. S.P mengatakan, bahwa rehabilitasi yang ada di Kelurahan Bulukerto merupakan usulan dari Kelurahan.

“Tujuan dari rehabilitasi tersebut awalnya ada kelongsoran yang ditakutkan mengenai rumah warga, akhirnya dilakukannya Rehabilitasi oleh Dinas PUPR bidang SDA di tahun 2020 ini,”terang Saiful Priyo Utomo. Senin (30/11/2020) kemarin.

Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Jaringan Irigasi DPUPR Magetan Dadang Tantowi

Ditempat yang berbeda, Kepala Bidang SDA Dinas PUPR Magetan Yuli K Iswahyudi melalui Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Jaringan Irigasi Dadang Tantowi mengatakan, rehabilitasi jaringan irigasi ini merupakan salah satu upaya Pemkab Magetan untuk menekan terjadinya bencana longsor di Magetan. Selasa. (01/12/2020)

“Memang rehabilitasi yang dilaksanakan di Kelurahan Bulukerto ini merupakan usulan dari Kelurahan dan Dinas PUPR merealisasikan kegiatan fisiknya. Meskipun itu usulan dari kelurahan terkait lewat jalur PIK itu tetap kita perhatikan secara teknis untuk sesuai konstruksinya termasuk aturan terkait sempadan”ujar Dadang.

Lanjutnya, untuk melindungi bangunan diatasnya tetapi kalau dievaluasi diaturan, itu bangunan justru sedikit banyak melanggar sepadan saluran. Meskipun kita realisasikan untuk pekerjaan perkuatan pelengsengan, tetap dimohon untuk pihak Kelurahan Bulukerto agar memberikan himbauan kepada pemilik bangunan untuk waspada apabila terjadi longsor.

“Pelaksanaan pekerjaan Rehabilitasi dan Peningkatan Jaringan Irigasi tersebut dikerjakan oleh CV Endvisoft Solution dengan nomor kontrak C.14.10/10/403.104/PL-KONSTR/XI/2020 dengan anggaran Rp.148.670.000,- dengan masa pengerjaan 30 Hari Kalender,”pungkas Dadang. (Efa/wawa)

News Feed