oleh

Rosokku StartUp Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Beritatrends. Artikel – Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu kegiatan wajib dari dosen yang harus dilakukan. Transformasi ilmu dari tenaga pengajar ke masyarakat sanagat diperlukan guna mengembangkan dan memelihara suatu ilmu. Pengembangan StartUp saat ini lagi berkembang, terutama pada mahasiswa yang berminat pada wirausaha.

Rosokku merupakan salah satu startup yang digerakkan oleh mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Jenis usaha ini diangkat sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Dalam startupnya yang bergerak dibidang pembelian barang-barang bekas yang meliputi, segala jenis kertas dan plastic. Target awal dari Rosokku sendiri adalah mahasiswa, dimana banyak mahasiswa yang membuang sampah kertasnya sembarangan dan tidak mengenal lingkungan, sehingga dari Tim Rosokku ini bergerak untuk membeli sampah-sampah kertasnya. Tim Rosokku juga memutuskan untuk berhenti sejenak sampai kondisi sudah dianggap lebih longgar.

UPN Veteran Jawa Timur merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya, yang mendukung kegiatan inovasi StartUp Mahasiswa.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mendukung akan adanya kegiatan untuk bisa melahirkan Startup baru di lingkungan UPN “Veteran” Jawa Timur, sehingga ada sebuah program yang bernama Bakti Inovasi Bagi Masyarakat (BIMA) Tahun 2020.

Kegiatan ini di usulkan oleh 2 dosen Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur (Eka Dyar Wahyuni dan Sugiarto). Mitra yang diusung dalam kegiatan BIMA Tahun 2020 ini adalah Rosokku, Startup yang di gawangi oleh Mahasiswa ini mampu mendapatkan tempat pendanaan di UPN Veteran Jawa Timur.

Rosokku sendiri berjalan dengan konsep Konvensional, dimana customer telp, foto barang, apabila sesuai dijemput barang rosok yang dijual oleh customer.

Pada Program BIMA hadir untuk memberikan invensi dari Dosen Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jawa Timur untuk membantu kendala yang dialami oleh Rosokku, dengan pengembangan Teknologi Informasi, maka didapatlah sebuah Aplikasi Sampahmu Rupiahmu, dengan mengusung konsep Aplikasi berbasis Mobile ini mampu mendapatkan pengingkatan jumlah customer pada nantinya.

Teknologi merupakan sebuah alat yang terus berkembang, maka inovasi ini layaknya juga terus berkembang guna memperbaiki dan mengembangkan jenis usaha yang bisa diterapkan dan berguna bagi masyarakat luas ke depannya.

Dalam model pemasaran Rosokku juga mengikuti beberapa kegiatan diantaranya Pameran Teknologi Tepat Guna Online yang bisa diakses di laman Pameran Rosokku, sehingga keberadaan Rosokku ini harapannya bisa lebih dikenal oleh masyarakat umum nantinya.

Penulis : Eka Dyar Wahyuni / Sugiarto Dosen UPN Veteran Jawa Timur

News Feed