oleh

Permudah Bayar Pajak Daerah, Bapenda Madiun Jajaki Kerjasama Dengan Bank BNI

Paparan—Perwakilan Bank BNI Cabang Madiun memaparkan program kerjasama dengan Bapenda Madiun untuk makin memudahkan warga Kabupaten Madiun membayar pajak daerah.

Beritatrends, Madiun – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Madiun menjajaki kerjasama dengan Bank BNI Cabang Madiun untuk mempermudah pembayaran pajak daerah bagi warga. Penjajagan itu dilakukan menyusul masih terbatasnya pembayaran pajak dareah di Kabupaten Madiun.

“Kami sementara menjajaki kerjasama dengan Bank BNI untuk menambah alternatif pembayaran pajak daerah. Pasalnya selama ini pembayaran pajak daerah di Kabupaten Madiun masih terbatas,” ungkap Kepala Bapenda Kabupaten Madiun, H. M Hadi Sutikno, Jumat (27/11/2020).

Sutikno yang didampingi Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Madiun, Ari Nursurahmat mengatakan selama ini pelayanan pembayaran pajak daraeh baru bekerjasama dengan satu lembaga perbankan yakni Bank Jatim.

Untuk pembayarannya, kata Sutikno, pembayaran pajak dapat dilakukan dengan wajib pajak datang langsung ke loket pembayaran. Selain itu pembayaran PBB-P2 serta BPHTB dapat dilakukan melalui Mbanking maupun ATM Bank Jatim.

Kendati demikian, loket pembayaran yang tersedia saat ini belum menjangkau daerah pedesaan. Padahal mayoritas masyarakat Kabupaten Madiun tinggal di pedesaan.

“Saat ini belum semua masyarakat atau wajib pajak melek teknologi informasi. Jadi kecenderungan wajib pajak saat ini lebih suka datang langsung ke tempat pembayaran dari pada menggunakan sarana teknologi informasi,” kata Sutikno.

Untuk menjawab permasalahan dan kondisi tersebut, lanjut Sutikno, Bapenda saat ini sedang menjajaki kerjasama dengan Bank BNI. Dengan demikian, tempat pembayaran tidak hanya di Bank Jatim saja.

Ia menyebutkan beberapa pertimbangan bekerjasama dengan Bank BNI diantaranya menambah alternatif tempat pembayaran. Selain itu memperluas jangkauan atau mendekatkan tempat pembayaran kepada wajib pajak. “Bank BNI juga telah mempunyai agen – agen bank sampai ke pelosok desa,” ungkap Sutikno.

Sutikno berharap kemudahan yang diberikan kepada wajib pajak dalam pembayaran pajak dapat berbanding lurus dengan peningkatan kesadaran masayarakat akan kewajibannya. Untuk itu percepatan realisasi pembayaran pajak daerah akan terwujud. (Mal)

News Feed