oleh

Kunjungan Kerja Assisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB di Kabupaten Magetan

Assisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB saat mengunjungi MPP di Pasar Baru Magetan

Beritatrends, Magetan – Penerimaan Kunjungan Kerja Assisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB di Kabupaten Magetan, di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Jalan Basuki Rachmat Selatan, Jum’at, (27 November 2020).

Assisten Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementrian PAN dan RB, Noviana Andrina, SH, M. mengatakan, kedatangannya adalah untuk meninjau bagaimana perkembangan dan progress dalam Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Magetan.

“Ini adalah generasi ke tiga, mari kita kembangkan dimana instansi vertikal, dan keseluruhannya bahwa masyarakat bisa datang dalam satu tempat yaitu Mall Pelayanan Publik,”terangnya.

Mall Pelayanan Publik di Magetan ini adalah yang ke 30 yang akan diresmikan oleh Menteri Kami. Kita harus berkolaborasi bahwa Mall ini adalah suatu mall yang menjadi kebanggaan kita semua.

“Saya melihat bapak bupati Magetan ini sangat rendah hati, dekat dengan masyarakat, dan fokus dalam membangun MPP tersebut,”ucap Noviana Andrina.

Ditempat yang sama Bupati Magetan Dr. Drs. Suprawoto, SH, MSi. mengatakan, krisis kesehatan saat ini jangan sampai mempengaruhi krisis perekonomian secara signifikan.

“Dengan taat disiplin protokol kesehatan kita tidak akan tertular maupun menularkan,”kata Bupati Suprawoto.

Kepala DPMPTSP  S.Condrowati, S.Sos, M.Si menjelaskan, perjalanan MPP sejak dibukanya soft launching 15 Januari silam melalui peraturan Bupati Magetan Nomor 68 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Magetan, memasuki fase terbaru dalam Pembangunan MPP Pasar Baru serta telah disiapkan SOP Pelayanan pada masa new normal yang ditetapkan oleh Perbup.

“Bahwa MPP di Kabupaten Magetan semakin lengkap dengan adanya Pelayanan Imigrasi di Magetan, jadi masyarakat Magetan tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus pasport dan sebagainya,”terang Condrowati.

Tambahnya, pembukaan kantor unit imigrasi ini di hadiri Bupati beserta Wakil Bupati Magetan, Sekretaris Daerah Magetan, Kepala Imigrasi Madiun dan Kepala OPD di MPP Magetan, saya menyampaikan terima kasih atas dibukanya kantor layanan imigrasi di MPP Magetan.

“Sarana dan prasarana semuanya sudah kita penuhi di MPP Magetan, bagi masyarakat Magetan, mungkin MPP tersebut suatu kebanggaan tersendiri,”terangnya.

Bahkan Disdukcapil Magetan juga mengoperasionalkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Publik. Lewat mesin canggih tersebut, pencetakan dokumen pendudukan bisa dilakukan sendiri dan sewaktu-waktu.

“Jadi warga cukup mendaftarkan diri ke kantor Dispendukcapil untuk mendapatkan pin atau QR code untuk discan pada ADM. Syaratnya hanya mendaftarkan nomor HP dan alamat email, warga bisa mencetak sendiri e-KTP, KK, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan  surat pindah lewat mesin ADM. Sehingga tidak perlu harus menunggu antrian cetak di kantor Dispendukcapil. Petugas juga akan membantu warga yang tidak memiliki HP atau email,”ungkap Condrowati.

Pembangunan atau renovasi MPP Kab. Magetan saat ini kita melakukan pemasangan eskalator, dikarenakan di Magetan sebelumnya tidak ada satupun eskalator.

Dulu pernah Mendagri Bapak Tito Karnavian dan Ibu Deputi datang ke MPP Magetan hanya untuk melihat mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang pertama Di Indonesia.

“Saat ini MPP sedang di renovasi dengan tampilan yang baru dan lebih fresh. Kemungkinan pada tahun 2021 semuanya sudah clear dan bisa terselesaikan sesuai dengan arahan dan komitmen dari menpan,”pungkas Condrowati.(Efa)

 

 

News Feed