oleh

Rencana Pengembangan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo di Kabupaten Magetan Jawa Timur

Beritatrends. Magetan – Dalam rangka mewujudkan pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan khususnya di Kabupaten Magetan, kali ini Pemerintah Kabupaten Magetan melakukan penandatanganan pinjam pakai aset milik Daerah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, yang dilakukan di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan, Jawa Timur. Sabtu (21/11/2020)

Hadir dalam kegiatan kali ini. Bupati Magetan, Wakil Bupati Magetan, Sekda Magetan, Asisten, Kepala OPD, Politeknik KP Sidoarjo, serta tamu undangan lainnya.

Rencana pengembangan Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo di Kabupaten Magetan, Jawa Timur kali ini disambut baik oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawoto,. SH. M.Si

Perjanjian Pinjam Pakai tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak, yakni Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan dan Biro Hukum Kementerian Kelautan. Setelah dilakukannya penandatanganan perjanjian pinjam pakai, dilakukannya peninjauan lapangan yang ada di SD Tanjungsari dan Tanah Eks Bengkok Kelurahan Tambran.

Dr. Drs. H. Suprawoto,. SH. M.Si Bupati Magetan mengatakan bahwa, kali ini sudah MOU terlebih dahulu dan Menteri KKP komitmen untuk membuka Instalansi Pendidikan cabang dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo di Magetan, namun disini di khususkan untuk air tawar, kalau di Sidoarjo pendidikannya itu air laut dan air payau dan nanti di Magetan air tawarnya.

“Kenapa harus di Magetan? Karena supaya ada pemerataan. Kita yang dibawah ini harus bisa menterjemahkan kebijakan – kebijakan makro Pemerintah siapapun termasuk Presiden Jokowi sekarang ini. Dengan Pendidikan nanti di Magetan itu akan timbul pemerataan, oleh sebab itu ini merupakan salah satu upaya dan komitmen dari Kementerian PKP dalam hal ini Badan Riset dan Sumber Daya Manusia KKP dan hari ini akan meninjau lapangan sementara ini kita akan pinjam pakaikan SD Tanjungsari yang tidak terpakai saat ini.”ujarnya.

Lanjut Bupati Suprawoto. Ditahun 2021 mendatang baru pelaksanaannya, dan nanti ada mahasiswa yang praktek di instalasi di sana. Rencananya apabila lancar, di tahun 2022 baru akan dilaksanakan pembangunan.

“Dengan harapan nantinya Magetan akan tumbuh sebagai sebuah kota Pendidikan yang tidak terlalu jauh yang bisa diakses dari beberapa Kabupaten di sekitar. Dan perlu diketahui juga Poltek Kelautan dan Perikanan ini tidak bayar (Gratis) sampai asramanya.”akhirnya

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, Dra. Kustini mengatakan ini satu hal yang luar biasa untuk peningkatan SDM khususnya dibidang perikanan di Kabupaten Magetan, karena waktu itu memang diawali dengan penaburan ikan dewa di Telaga Sarangan, ternyata Tim dari Kementerian Kelautan dan Perikanan itu mengamati bahwa Magetan itu memiliki potensi untuk didirikannnya cabang poltek Sidoarjo.

Pihaknya berharap kedepan Peternak dan Perikanan bisa tumbuh kembang meskipun ini didalam suasana pandemi covid saat ini tetap berkembang pengangkatan perekonomiannya di Kabupaten Magetan. (Efa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed