oleh

Pelajar MTsN 3 Malang Berhasil Memanfaakan Limbah Pelepah Pisang Menjadi Sumber Energi Listrik Ramah Lingkungan

memanfaatkan teknologi MFC dengan ekstrak limbah pelepah pisang sebagai bahan utamanya dan dibantu elektroda Cu/Mg.

Beritatrends, Malang – Meningkatnya konsumsi energi listrik dari tahun ke tahun dan eksploitasi besar besaran energi fosil memicu kenaikan harga energi dan kelangkaan sumber daya fosil. Hal tersebut yang mendorong siswa MTsN 3 Malang (11/20) untuk menciptakan inovasi terbarukan yakni memanfaatkan teknologi MFC dengan ekstrak limbah pelepah pisang sebagai bahan utamanya dan dibantu elektroda Cu/Mg.

Adapun proses tahapan yang dilakukan ialah mengumpulkan limbah pelepah pisang yang terdapat di lingkungan sekitar. Tahapan berikutnya menginkubasi pelepah pisang yang sudah dihaluskan selama 7 hari, kemudian diambil ekstraknya dan mulai merangkai rangkaian kontruksi dan melakukan pengujian dan diakhiri dengan analisis. Volume 130 mL didapatkan hasil kuat arus sebesar 0,84 mA, tegangan listrik 500mVolt dan power density sebesar 84 (mW/cm2).

Inovasi ini diciptakan sebagai penghasil energi listrik yang ramah lingkungan dan diharapkan dapat mengurangi limbah pelepah pisang yang belum termanfaatkan serta dapat menghasilkan energi listrik secara berkelanjutan. Rencana kedepannya penemuan ini akan terus dikembangkan dan diberdayakan lebih lanjut dan diharapkan dapat mengurangi limbah pelepah pisang serta menciptakan energi listrik yang ramah lingkungan.(Deni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed