oleh

Kabupaten Magetan Terapkan KBM Tatap Muka Tingkat SMP

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, Drs. Suwata,. M.Si

Beritatrends. Magetan – Seperti yang diketahui, selama masa Pandemi Covid-19, kegiatan pembelajaran dilakukan secara Daring. Tak terkecuali di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Setelah berbulan – bulan lamanya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara Daring, kini Kabupaten Magetan telah mencoba KBM secara tatap muka di tingkat SMP.

Dengan mempertimbangkan posisi zona yang sudah memungkinkan sesuai dengan SKB 4 Menteri, oleh karena itu Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Magetan sudah mendapatkan rekomendasi dari Gugus Tugas Covid-19 Magetan.

Setelah dilakukannya assessment sebanyak 39 SMP Negeri dan 17 Swasta di Kabupaten Magetan akhirnya didapatkan Rekomendasi dengan catatan tetap menaati Protokol Kesehatan yang berlaku.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (DIKPORA) Kabupaten Magetan Drs. Suwata,. M.Si ketika ditemui di Ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan mengatakan bahwa mulai Senin (16/11/2020) kemarin sudah dilakukannya KBM tatap muka ditingkat SMP, dalam KBM tatap muka di tingkat SMP ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang berlaku, serta menyesuaikan jumlah ruang dan siswanya. Sabtu (21/11/2020)

Lanjut Suwata. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka yang sudah dilakukan di tingkat SMP ini berjalan tanpa adanya masalah, “Apabila 1 bulan kedepan, KBM tatap muka ditingkat SMP ini bertahan dan tidak adanya masalah, kedepannya akan dilakukan KBM tatap muka ditingkat SD, dan tetap menerapkan Protokol Kesehatan yang berlaku.”imbuhnya.

“Kebetulan kemarin kami Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan telah melaksanakan Webinar Zoom dengan 4 Menteri adanya Evaluasi kebijakan SKB 4 Menteri itu bahwa nanti mulai Januari 2021 kegiatan KBM tatap muka bisa dilakukan semuanya, namun tetap taat pada Protokol Kesehatan”terangnya.

Suwata menambahkan, kita sudah mendahului dan apa yang disampaikan kementerian pendidikan itu sama seperti SKB 4 Menteri itu aturan – aturannya, daftar isinya, taat protokol kesehatan di sekolah itu sama dan kita sudah melaksanakannya.

“Dari hasil Zoom kemarin, kemungkinan nantinya hingga di tingkat TK akan dilaksanakan KBM tatap muka, namun itu diawal semester genap / awal tahun 2021 mendatang. Nantinya kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian itu terpenuhi dan dapatnya rekomendasi dari gugus tugas Dimungkinkan lebih cepat dilakukannya KBM tatap muka di Kabupaten Magetan”jelasnya.

Ditanya kapan pelaksanaannya akan diterapkan, Suwata belum bisa menyampaikan kapan akan dilaksanakannya. “Kami belum bisa menyampaikan kapan itu dilaksanakan, karena itu harus melihat kondisi saat nanti setelah dilakukannya Evaluasi KBM tatap muka ditingkat SMP selama 1 bulan mendatang.”pungkas Suwata. (efa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed