oleh

Bayar BPHTB di Magetan Bisa Secara Online

Website E-BPHTB kabupaten Magetan.

Beritatrends, Magetan – Tak sedikit yang belum paham secara detail terkait dengan proses pembelian tanah dan bangunan diluar biaya lain. Diantaranya yaitu kewajiban membayar pajak pembelian atas tanah bangunan atau yang biasa disebut Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Berdasarkan Undang-undang No. 28 Tahun 2009, pasal 88 ayat 1 dan ditindak lanjuti dengan Perda Nomor 2 tahun 2011 pada pasal 9 besarnya tarif ditetapkan sebesar 5%.

Nah, saat ini di kabupaten Magetan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak BPHTB dengan cara online, dimana E-BPHTB ini telah terintegrasi dengan PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah)/Notaris dan telah Host to host antara BPN (Badan Pertanahan Nasional) dan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) kabupaten Magetan.

Kepala Dinas BPPKAD Kabupaten Magetan, Suci Lestari menjelaskan, e-BPHTB adalah layanan pembayaran, pelaporan dan verifikasi pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan secara elektronik.

Keuntungan E-BPHTB ialah, wajib pajak melalui notaris/PPAT dapat mengakses pembayaran secara online, dengan memasukkan berkas sampai dengan nilai pembayaran pajak dengan sistem online, sehingga akan lebih transparan dan efisien waktu.

“Tidak hanya proses pemberkasan tapi pembayarannya dapat dilakukan secara online juga, dengan melalui Bank Jatim mobile banking atau datang langsung ke Bank Jatim dengan mengunakan kode billing dari BPPKAD,” Jelasnya.

“Sehingga mengurangi wajib pajak/notaris untuk tatap muka dan antri di MPP/BPPKAD.
Disamping itu laporan penerimaan dapat dilihat secara real time melalui sistem CMS Bank jatim,” sambung Suci Lestari.

Setelah dilakukan verifikasi atau harga yang diajukan di ACC oleh BPPKAD, akan dikeluarkan code biling yang dapat digunakan wajib pajak untuk pembayaran melalui Bank Jatim.

Selain itu, karena telah terintegrasi melalui sistem jaringan antara BPPKAD dan BPN Kabupaten Magetan, BPN bisa langsung melakukan proses pensertifikatan secara online.

“BPN cukup melihat berkas yang telah divalidasi oleh BPPKAD dari notaris itu, dengan bukti bayar yang sudah terbayar dari Bank Jatim,” ungkap Suci Lestari.

Karena masih di masa pandemi, penerapan protokol kesehatan dapat dilakukan dengan mengurangi tatap muka dan para wajib pajak tidak perlu bolak-balik ke kantor BPPKAD untuk mendapatkan validasi data.

Diharapkan, pembayaran pajak BPHTB di kabupaten Magetan secara online ini dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) kabupaten Magetan. (Gal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed