oleh

Ritual Adat Bentuk Kearifan Lokal Pelaksanaan TMMD Desa Tirta Karya

Bentuk Kearifan Lokal Pelaksanaan TMMD Desa Tirta Karya

Beritatrends, Sintang – Pemangku adat dan warga Desa Tirta Karya kecamatan Ketungau Tengah kabupaten Sintang-kalbar mengadakan acara ritual adat, adapun ritual adat dilaksanakan dekat jalan yang akan dikerjakan oleh TMMD Kodim 1205 Sintang, Kamis (24/9/2020).

Acara ritual adat ini langsung dihadiri oleh Dandim Sintang Letkol inf Eko Bintara Saktiawan, Camat ketungau Tengah Petrianus, Kapolsek ketungau tengah, Kades Tirta Karya Asius Coli, Entuyu selaku Temenggung adat dan warga desa Tirta Karya, serta forkompincam kecamatan Ketungau tengah.

Entuyu selaku Temenggung desa Tirta Karya mengatakan bahwa ritual adat ini merupakan tradisi turun-temurun suku Dayak, dengan maksud agar sesuatu pekerjaan itu tidak mendapatkan halangan dan rintangan, sehingga bisa berjalan mulus, lancar, aman serta para pekerja juga mendapatkan perlindungan dari Petara Puyang Gana (Tuhan Yang Maha Esa). ucapnya.

“Sesuatu pekerjaan itu harus di mulai dengan doa, karena doa adalah permohonan pada pencipta, baik itu secara agama sesuai dengan keyakinan manusia, tetapi kita orang beradat yang sudah turun temurun dari nenek moyang kita dahulu, maka kita juga wajib melestarikan budaya dan tradisi, sebab kita manusia adalah orang beradat, jelas pak Entuyu Temenggung desa Tirta Karya saat wawancara dengan beritatrends.com.

Sementara Asius Coli kades Tirta Karya kecamatan Ketungau Tengah juga mengatakan bahwa ritual adat ini merupakan tradisi turun-temurun suku Dayak, agar pelaksanaan kegiatan TMMD Kodim Sintang, bisa berjalan dengan lancar dan aman, sehingga akan menghasilkan yang terbaik untuk masyarakat desa tirta karya ini, jelas Asius Coli. (nus)

News Feed