oleh

Pencanangan Gelar Reyog New Normal

Beritatrends. Ponorogo – Reyog menjadi salah satu ciri khas Kabupaten Ponorogo, Pagelaran Reyog serentak setiap tanggal 11 merupakan momen yang sangat dinantikan oleh warga.

Selain menjadi hiburan ditengah kesibukan masyarakat, juga sebagai sarana pelestarian budaya lokal. Maka itu pemerintah kabupaten Ponorogo mencanangkan gelar reyog new normal.

Pencanangan gelar reyog new normal di tandai dengan pukulan Gong oleh Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan digelarnya Reyog Obyog di halaman pendopo Kabupaten Ponorogo, Jum’at (10/7) malam.

Gelaran reyog new normal di Ponorogo ini akan diatur dengan aturan protokol kesehtan yang ketat, dan tidak dilaksanakan secara serentak namun secara bertahap. Pagelaran reyog akan dilaksanakan di 21 tempat di Ponorogo, sehingga satu kecamatan hanya melaksanakan di satu desa.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan 3 surat pencatatan hak cipta dari kementerian hukum dan hak asasi manusia kepada Bupati Ponorogo selaku ketua pembina reyog Ponorogo.

Diantaranya, Judul ciptaan pertunjukan seni reyog Ponorogo versi Bantarangin, judul Ciptaan pertunjukan seni reyog Ponorogo versi Suryongalam atau Surukubeng dan ciptaan penulisan Reyog Ponorogo dengan Huruf “Y”.

Tentunya, pencanangan gelaran reyog new normal di Ponorogo ini merupakan kabar Gembira bagi pelaku seni di Ponorogo. Karena selama pandemi banyak dari pelaku seni yang tidak bekerja karena tidak memiliki ketrampilan lain. (sugeng)

News Feed