oleh

Kasus Pasien Positif Covid-19 Ponorogo Bertambah 1 Lagi Jadi 7 Orang

Peta sebaran covid-19 di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur per 22 April 2020.

Beritatrends, Ponorogo – Jumlah kasus warga yang terinfeksi Covid-19 di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, bertambah menjadi 7 orang.

Berdasarkan peta sebaran covid-19 di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur per 22 April 2020, terdapat penambahan 1 pasien covid-19 di Ponorogo yang sebelumnya hanya 6 pasien dengan keterangan 1 pasien sembuh.

Tambahan 1 pasien merupakan anak dari salah satu pasien positif covid-19 dari Klaster Sukolilo, Surabaya. Pasien covid-19 ini sebelumnya juga merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang telah diisolasi di RSUD dr Harjono Ponorogo.

“Iya benar. Pasien (positif ke-7) ini adalah anak dari pasangan pasien nomor 1 dan pasien nomor 5,” Ungkap Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni.

Klaster Sukolilo ini adalah sebutan untuk penyebaran virus corona pada orang-orang yang mengikuti pelatihan Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) di Asrama Haji Sukolilo yang dilaksanakan pada 9-18 Maret lalu.

Terdapat 9 orang peserta dari Ponorogo. Beberapa di antaranya kemudian terkonfirmasi positif covid-19.

Dikatakan Bupati Ipong, pasien ke-7 ini sudah menjalani isolasi sejak dua pekan lalu. Kondisinya juga membaik dibandingkan saat masuk ke rumah sakit.

“Kan saat itu sudah saya sampaikan bahwa ada 3 orang keluarga dekat dari pasien positif yang rapid test nya 2 kali positif. Jadi Pasien positip covid-19 nomer urut 7 ini adalah bapaknya pasien covid-19 nomer urut 1 dan ibunya juga positif covid-19 nomer urut 5. Dan satu pasien covid-19 yang sembuh adalah pasien nomer urut 4.” Terang Bupati Ipong.

Dari tiga pasien yang pertama ditemukan positif covid-19, Pemkab Ponorogo melakukan tracing dan menemukan puluhan kontak dekat para pasien positif. Setelah rapid test, belasan orang dinyatakan sebagai PDP. Dari rapid test selanjutnya beberapa orang dinyatakan positif. Setelah uji swab, pasien bertambah dua orang sehingga menjadi lima orang. Beberapa hari kemudian, pasien positif dari klaster ini bertambah satu orang lagi dan menjadi enam orang.

Adapun jumlah PDP hingga 22 April 2020 di Kabupaten Ponorogo secara komulatif tercatat ada 27 orang. Rinciannya, 5 PDP dirawat di RSUD Hardjono, serta 12 PDP isolasi mandiri dan 10 PDP dinyatakan lulus isolasi. (*)

News Feed