oleh

Sosialisasi Kulin LMDH Desa Baosan Kidul

Sosialisasi Program Kulin KK di Desa Baosan Kidul

Beritatrtends, Ponorogo – Pengakuan dan Perlindungan kemitraan kehutanan ( KULIN KK) adalah Pengakuan oleh Menteri melalui Direktur Jenderal sesuai dengan Pasal 44 Peraturan Menteri LHK No. P 83 tahun 2016 tentang Perhutanan Sosial yang menyiratkan bahwa Menteri melalui Direktur Jenderal memberikan persetujuan kemitraan kehutanan yang diajukan oleh Pengelola atau Pemegang Izin melakukan kemitraan dengan masyarakat setempat.

Sosialisasi Program Kulin KK di laksanakan di Desa Baosan Kidul, bertempat di Gedung pertemuan Balai Desa Baosan Kidul, Kecamatan Ngrayun, Rabu (19/02/20).

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimca Kecamatan Ngerayun,  Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) Cabang Ponorogo, Asper BKPH Ponorogo Selatan, KRPH Mrayan, Pendamping PHBM KPH Lawu DS, Kepala Desa dan Perangkat Desa, Ketua BPD dan KKP.

Salah satu LMDH Kecamatan Ngrayun yang melaksanakan Sosialisasi Kulin KK adalah LMDH Tani Maju Desa Baosan Kidul, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. LMDH ini berdiri Tahun 2004 sesuai akta notaris No 2 tanggal 2 Juli 2007.

Dibentuknya LMDH ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para petani hutan yang menggantungkan hidupnya pada areal hutan milik Perum Perhutani RPH Mrayan BKPN Ponorogo Selatan KPH Lawu DS, dan Anggota LMDH Tani Maju berjumlah kurang lebih 750 orang, dengan luas pangkuan lebih dari 400 Ha.

Sesaat setelah acara sosialisasi ketua LMDH Tani Maju, Dzul Hijjah Fajar menyampaikan, Puji syukur Alhamdulillah acara berjalan lancar, semua undangan dari unsur muspika, Perhutani, LP KPK dapat hadir, juga tampak semua Perangkat Desa dan BPD serta Kelompok Kerja Prayasawana (KKP) sedesa Baosan. “Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih serta memohon maaf bila ada kekurangan dalam hal apapun kepada semua undangan yang hadir,” terangnya.

Saat di tanya tentang visi dan misi, Fajar Sapaan akrab ketua LMDH ini menyampaikan terkait visi dan misi LMDH Tani Maju adalah Majukan Desa Baosan Kidul dari Sisi Kehutanan, Hutanya Subur, Masyarakatnya Sejahtera.

Di tempat terpisah Sarip (23) peserta sosialisasi mengatakan, terima kasih kami kepada panitia yang melibatkan masyarakat khususnya generasi muda dalam acara ini. “Saya di undang sebagai wakil generasi muda. Pesan saya semoga dengan melibatkan generasi muda ini LMDH Tani Maju dapat berkembang dan bisa menggali potensi hutan yang akhirnya kami tidak perlu ke kota untuk mencari pekerjaan,”pungkas Sarip pemuda yang punya hobby bola folly ini.(Jaya/Sugeng)

News Feed