oleh

Kepolisian Resort Ponorogo Tanam 3000 Bibit Pohon Di Desa Caluk

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Ponorogo Imanda Arief saat penanaman bibit pohon di Desa Caluk

 

Beritatrends, Ponorogo – Polres Ponorogo melakukan penghijauan dengan penanaman 3000 bibit pohon di Dukuh Tapak Jarak Dawetan Desa Caluk Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, Jum’at (10/1).

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Jogo Bumi Untuk Masa Depan” tersebut dihadiri oleh Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto SH, SIK MM, Komandan Kodim 0802/Ponorogo Letkol Inf. Sigit Sugiharto, Wakapolres Ponorogo Kompol Indah Wahyuni, SH, MH, Kepala Perum Perhutani KPH Lawu DS Madiun Asep Dedi Mulyadi, S.Hut, PJU Polres Ponorogo, Ketua Bhayangkari Cabang Ponorogo, BPBD Kab diwakili oleh Kabid Kedaruratan Setyo Budiono, S.Sos, MM, Pasiter Kodim 0802/Ponorogo Kapten Czi Hadi Eko. S, Forpimka Kecamatan Slahung, Kades Caluk Sutonowo, dan Unsur Elemen Masyarakat ( Siswa SMA 1 Slahung, TAGANA, GP Ansor, Banser dan warga masyarakat).

Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto SH, SIK, MM menyampaikan, kegiatan merupakan program dari Polri yang dilaksanakan serentak, dengan melaksanakan penanaman sekitar 3000 bibit pohon untuk menjaga kelestarian alam dan sumber mata air bersama instansi terkait seperti masyarakat bagi generasi dimasa mendatang.

“Di sini terdapat beberapa sumber mata air, sumber ini apabila tidak kita jaga akan mati sumbernya, sehingga melalui penanaman bibit pohon ini, diharapakan kita dapat menjaga kelestarian sumber mata air sehingga ketika musim kemarau tiba, tidak kekurangan air dan tidak terjadi banjir saat hujan serta longsor. Melalui kegiatan ini mari kita bersama-sama menggalakkan penghijauan dengan penanaman bibit pohon, dan kedepan kita bersama instansi terkait serta elemen masyarakat akan terus melakukan secara continue, sehingga bumi kita dapat terjaga dari kerusakan dimasa mendatang, “kata Arief Fitrianto.

Arief Fitrianto menambahkan, penghijauan dengan penanaman bibit pohon difokuskan di Desa Caluk Kecamatan Slahung Ponorogo, lantaran di wilayah atau kawasan tersebut terdapat sumber mata air yang tidak pernah habis walaupun di musim kemarau.

“Masyarakat Desa Caluk untuk pengairan dalam kehidupan sehari-hari mengandalkan sumber air yang ada di lereng pegunungan, maka dari itu untuk penghijauan pada hari ini kita fokuskan di Desa caluk dalam area milik Perhutani. Yang diharapkan dengan penanaman bibit pohon ini, dapat menjaga sumber mata air yang ada, agar kedepannya semakin terawat dan dapat diwariskan kepada anak cucu kita nanti, “pungkasnya. (Gal)

News Feed