oleh

Bupati Bagikan 500 Paket Sembako, Pada Korban Banjir di 2 Kecamatan

500 paket sembako

Beritatrends, Passel – Pasca banjir melanda di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan IV Jurai dikenagarian Tataran Tangah Lumpo dan Nagari Lumpo dan Ampuan Lumpo memberikan bantuan di lanjutkan ke Nagari Gurun Panjang yang terletak di Kecamatan Bayang.Rabu (25/12). Hendrajoni turun kebawah.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, bersama anggota DPRI RI Linda Hendrajoni juga ketua TP.PKK Pessel itu, terjun langsung di lokasi banjir. Didampingi Sekda Ir. Erizon, MT, Angota DPRD Pesisir Selatan Al Ermon dan sejumlah Kepala Dinas Pesisir Selatan.

Bupati Pesisir Selatan mengatakan, Mudah – mudahan bantuan yang di terima para korban banjir dapat meringankan beban mereka. Kendati demikian pihaknya meyakini bantuan tersebut belum sepenuh menjangkau seluruh korban, oleh karenanya bantuan akan di serahkan kembali.

” kita serahkan bantuan 500 paket sembako ke pada korban banjir di Kecamatan Empat Jurai dan Kecamatan Bayang,” tegas Bupati.

Ia menjelaskan banjir yang melanda sejumlah nagari di daerah setempat terjadi karena pendangkalan sungai dan penyempitan sungai batang lumpo, kedepannya sangat perlu dilakukan normalisasi.

“Khusus normalisasi sungai batang lumpo.”saya akan memperjuangkan,tidak hanya kepada pemerintah provinsi namun akan saya perjuangkan sampai ke pusat untuk nagari yg terkena banjir ini”, ujar . Hendrajoni.

Sedangkan untuk kecamatan bayang data sementara, di Nagari Gurun Panjang merendam rumah sebanyak 242 rumah dan Gurun Panjang Utara sebanyak 186 rumah serta merendam tanaman padi milik warga seluas 86 Ha.

Dari catatan BPBD setempat, khusus di Kecamatan IV Jurai banjir melanda delapan nagari yakni Nagari Ampuan, Limau Gadang, Batu Kunik, Taratak Tangah, Lumpo, Bukik Kaciak, Sungai Gayo dan Sungai Sariak Lumpo.

Banjir tersebut merendam sedikitnya 446 rumah serta berdampak pada 359 kepala keluarga, kejadian ini juga menyebabkan 65 kepala keluarga mengungsi.

Sedangkan untuk kecamatan bayang data sementara,di nagari gurun panjang merendam rumah srbanyak 242 rumah dan gurun panjang utara 186 rumah,serta merendam tanaman padi milik warga seluas 86 Ha.

Sedangkan Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni ikut prihatin dengan kondisi banjir yang terjadi di daerahnya, dan warga diharapkan bisa sabar.

Dikatakan Lisda, nantinya, hasil turun ke lapangan akan diperjuangkan ke Kementerian pusat. Agar segera di lakukan normalisasi sungai.

Berdasarkan pantuan dilokasi, kamis (26/12) kondisi air sudah mulai susut, dan aktifitas warga sudah kembali dalam rumah sambil membersihkan material tanah yang masuk dalam rumah. Sebelumnya air setinggi lutut orang dewasa masuk dalam rumah, dari luapan sungai batang bayang dan sungai batang lumpo.(Galang)

News Feed