oleh

Tukang Mebel Asal Mojokerto Menjadi Komentator Pertandingan Sepak Bola

Ambar(kanan)tukang mebel yang saat menjadi konentator pada pertandingan sepak bola Piala Bupati Mojokerto Cup 1(ft:Susilo/beritatrebds.com)

Beritatrends, Mojokerto -Persatuan sepak bola tidak lepas dari peran komentator yang biasa menyiarkan jalannya pertandingan dalam laga sepak bola.

Tak terkecuali komentator dalam pertandingan sepak bola dalam gelaran turnamen antar tim desa se-Kabupaten Mojokerto ,untuk mengisi jeda kompetisi external Askab PSSI Kabupaten Mojokerto maupun liga Indonesia.Di Mojokerto sedang berjalan turnamen piala Bupati Mojokerto Cup 1 tahun 2019 yang berlangsung di Stadion Gajah Mada Mojosari,Kabupaten Mojokerto yang digelar mulai tanggal 5 Desember 2019- 5 Januari 2020,yang mana saat ini memasuki babak 16 besar.

Tidak lengkap jika sebuah pertandingan sepakbola tanpa komentator, kenapa begitu ? jika kita bayangkan pertandingan sepakbola tanpa komentator mungkin para penonton di stadion dan penonton dirumah tidak mengetahui jalannya pertandingan seperti siapa yang terkena pelanggaran atau hal hal kecil yang tidak kita ketahui tanpa adanya komentator.

 

suasana sebelum kik of wasit memberi arahan kepada kedua kapten tim(ft:susilo/beritatrends.com)

Seperti Ambar dijumpai setelah pertandingan pada babak 16 besar Bupati Mojokerto Cup 1 menuturkan kepada beritatrends.com, Selasa (24/12/2019) bahwa komentator tidak hanya memberikan info mengenai pertandingan melainkan menghibur para penonton pertandingan sepakbola contohnya dengan ikut teriak “gol” para penonton akan semakin meriah.

Ambar(65)pria paruh baya asal Dudun Manukan,Desa Balongmasin,Kecamatan Pungging,Kabupaten Mojokertoyang kesehariannya sebagai juragan mebel menjadi komentator dalam dalam pertandingan sepak bola, turnamen Bupati Mojokerto Cup 1 mempunyai peran yang tidak kalah pentingnya dengan anggota Panpel yang lainya, sebab tanpa pak Ambar suasana pertandingan kelihatan sepi dan kurang hidup suasana dalam stadion.

“Saya menjadi komentator sepak bola di mulai dari pertandingan sepak bola antar kampung pertama kali di Kecamatan Krembung Sidoajo,kalau sekarang ini saya sangat senang menjadi komentator di sini mas,kan lebih elit karena piala bupati tim pesertanya pun materi pemainnya bagus-bagur,jadi terasa seperti Liga 2,” tutunya.

Dari pantauan beritatrend.com, dilapangan tugas komentator sepakbola tidaklah mudah, mereka harus berbicara sepanjang pertandingan, mengingat-ingat nama pemain, peristiwa yang terjadi selama pertandingan, bahkan harus mengomentari strategi yang digunakan oleh pelatih.

Butuh kemampuan khusus untuk melakukannya. Pertandingan sepakbola bisa menciptakan istilah-istilah baru yang terlontar dari lisan para komentator. Istilah-istilah tersebut tidak akan terlupakan untuk sementara waktu. Bahkan, tak jarang istilah tersebut menjadi ciri khas sang komentator,”seperti ciri khas pak ambar yang selalu diselingi kata,”mak nyoos disela-sela melontarkan kata-kata saat pertandingan sedang berlangsung.

Ambar mengatakan,setiap dia menjadi komentator dalam pertandingan sepak bola,tidak mematok honor.

“Saya tidak memasang tarip berapa setiap kali jadi komentator,pasti panitia sudah punya perkiraan sendiri.Yang penting pertandingan berjalan aman tidak terjadi kericuan dalam pada saat pertandingan bola,” terang Ambar.

Meskipun begitu Ambar menjelaskan, kata- kata komentator dapat dinilai negatif jika komentator tersebut mengatakan hal hal yang menyangkut Agama, suku, ras, budaya,propokatif dan sebagainya.

“Saya sempat ditegur panpel pertandingan di piala Bupati Cup ini,sebab kata-kata saya benada profokatif , itu saya akui dan saya anggap sebagai evaluasi buat diri saya biar kedepanya lebih hati-hati dalam melontarkan perkataan pada saat berjalannya pertandingan sepak bola,” pungkasnya.

Jika komentator bertujuan untuk menghibur para penonton distadion mungkin para komentator harus lebih menahan diri dalam berkata kata dan jangan terlalu terbawa suasana pertandingan yang dapat menyebabkan kesalahan kata kata yang dapat menyinggung seseorang.(sus)

News Feed