oleh

Magetan Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Literasi

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Magetan Suwata mewakili bupati Magetan terima penghargaan Kabupaten Literasi dari Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (PMK RI), Minggu (22/12/2019)

Beritatrends, Magetan – Pemerintah Kabapaten Magetan kembali meraih penghargaan. Kali ini, diperoleh dari penghargaan Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia (PMK RI) sebagai Kabupaten Literasi.

Penghargaan itu seharusnya diterima langsung oleh Bupati Magetan Dr. Drs. H. Suprawito, SH. M.Si berhubung ada tugas yang tak bisa di tinggalkan maka di wakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Magetan Suwata dari Menko Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia di Pendopo Ronggo Djoemeno di Kabupaten Madiun, Minggu (22/12/2019)

Penghargaan dari Menko PMK, penyerahanya dilakukan oleh Wagub Jawa Timur dan Staf Ahli Menko PMK RI

Acara penyerahan pengharhaan tersebut dirangkum dalam Simposium Gerakan Literasi Nasioanal (GLN) yang diselenggarakan oleh Majelis Daerah Korp Alumni Himpunan Mahasiswa Islam ( MD KAHMI) Mataraman Jawa Timur yang ada  di Wilayah Madiun dan sekitarnya dengan Tema : Mengawal Gerakan Literasi Nasioanla (GLN) dan Menjadikan Kabupaten Se-Mataraman Jawa Timur sebagai Tolak Ukur Gerakan Literasi Nasional, SDM Unggul, Indonesia Maju, Sukseskan Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memiliki komitmen dalam pengembangan literasi. Dengan ditandai adanya program-program nyata, yang secara khusus untuk kegiatan-kegiatan literasi. Utamanya, yang berada di lingkungan sekolah.

Bupati Magetan, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga mengatakan, dengan adanya penghargaan yang diterima ini, bukan berarti perjuangan akan selesai. Justru sebaliknya, harus lebih semangat lagi dan meningkatkan literasi di Magetan. Minat baca harus lebih ditingkatkan lagi.

“Dengan penghargaan itu, Pemkab Magetan akan terus berupaya meningkatkan literasi melalui sejumlah program khusus yang akan diberlakukan,”ucapnya.

Intinya kita membuat gerakan-gerakan membaca, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama generasi muda.

Lanjutnya, salah satu upaya nyata yang akan dilakukan, dengan menambah koleksi buku di perpustakaan daerah. Termasuk juga di sekolah-sekolah.

“Semoga apresiasi ini bisa menambah semangat dan motivasi bapak, ibu guru penggerak literasi di Kabupaten Magetan untuk terus maju dan berkembang,”pungkasnya. (Gal)

 

 

News Feed