oleh

BUMN Berbagi terhadap Sesama Pada Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Saat berbagi kepada yang menerima bantuan

Beritatrends, Simalungun – BUMN Berbagi Bersama adalah tagline yang diusung oleh 3 BUMN didalam pelaksanaan perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020. Acara yang diprakarsai oleh PT Perkebunan Nusantara IV selaku PIC bersama dengan PT KIM (Persero) dan PT Bukit Asam Tbk selaku Co. PIC ini dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019 bertempat di Panti Asuhan El Shadai yang berlokasi di Jl. Rawe Raya No. 35 Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan Kota Medan. Pada kesempatan acara ini dihadiri oleh perwakilan 3 BUMN dan Kementerian BUMN Ri antara lain, Riza Fahlevi Naim sebagai Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan PT Perkebunan Nusantara IV, Taruli Silaen sebagai Manager PKBL dan CSR PT KIM (Persero), Hendry Y. Sulisyo sebagai Staf Senior Manager CSR serta Tetdi Hutasoit dan Agus Nedi sebagai Staf Kedeputian TJSL Kementerian BUMN.

Selain pengurus dan anak – anak Panti Asuhan El Shadai, pada acara ini turut menghadirkan pengurus dan perwakilan anak – anak Panti Asuhan penerima bantuan perayaan Natal dan Tahun Baru yang berada di sekitar wilayah kerja PT Perkebunan Nusantara IV antara lain, Panti Asuhan Simpang Tiga Indonesia Kelurahan Sei Agul Kota Medan, Panti Asuhan Terima Kasih Abadi Kelurahan Sei Agul Kota Medan, Panti Asuhan Mamre GKPI Kelurahan Rambung Merah Kota Pematang Siantar, Panti Asuhan Bumi Keselamatan Margarita (BKM) GKPS Kelurahan Silau Malaha Kota Pematang Siantar dan Panti Asuhan Bakti Luhur Kota Pematang Siantar. Sedangkan PT KIM (Persero) menghadirkan 19 pengurus Gereja yang berada di sekitar wilayah kerja PT KIM (Persero) yang juga turut menerima bantuan.

Sekilas tentang PT Perkebunan Nusantara IV, bahwa PT Perkebunan Nusantara IV adalah salah satu anak perusahaan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) saat ini memiliki 29 Unit Kebun Kelapa Sawit, 1 Unit Kebun Plasma, 1 Unit Kebun Teh dan 1 Unit Balai Benih Kelapa Sawit. Untuk pengolahan hasil produksinya, saat ini telah didukung oleh 16 Unit Pabrik Kelapa Sawit, 2 Unit Pabrik Teh dan 2 Unit Pabrik Pengolahan Inti Sawit. Sesuai dengan amanah Pasal 74 Undang – Undang 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, bahwa perseroan dalam menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/ atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Sebagai perwujudannya, saat ini PT Perkebunan Nusantara IV terus berkomitmen menjalankan Program Kemitraan, Program Bina Lingkungan dan Program CSR.

Pada kesempatan ini diserahkan secara simbolis bantuan Alkitab sebanyak 1.000 Alkitab senilai Rp 75.000.000,- kepada pengurus Gereja dan Panti Asuhan. Pendistribusian Alkitab ini tidak hanya untuk Panti Asuhan di Kota Medan, tetapi juga kepada 81 Gereja di 9 Kabupaten di Propinsi Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Langkat, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Asahan, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Labuhan Batu Utara dan Kabupaten Labuhan Batu dan Kabupaten Padang Lawas. Selain bantuan Alkitab, turut diserahkan bantuan sarana dan prasarana kepada 6 Panti Asuhan senilai Rp 110.000.000,- , bantuan kepada 19 Gereja senilai Rp 100.000.000,- serta santunan/bingkisan Natal dan Tahun Baru senilai Rp 61.150.000,- kepada 491 anak – anak Panti Asuhan.

Kegiatan Perayaan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Tahun 2019. Sebelumnya, PT Perkebunan Nusantara IV selaku PIC Program BHUN di Propinsi Sumatera Utara bersama dengan PT KIM (Persero) dan Perum Jasa Tirta I telah menyelenggarakan Kegiatan Safari Ramadhan dengan menyerahkan 1.000 Al Quran senilai Rp 60.000.000,- dan penyerahan santunan senilai Rp 120.000.000,- kepada 600 anak yatim piatu yang tersebar di Desa/Nagori di sekitar wilayah kerja PT Perkebunan Nusantara IV. Pada bulan Juni 2019 dilaksanakan Program Mudik Bareng BUMN dengan memberangkatkan 1.080 orang pemudik dengan tujuan Kota Rantau Prapat, Kota Padang Sidempuan dan Kota Pekan Baru. Kemudian pada bulan Agustus 2019, dilaksanakan Upacara HUT RI ke 74 Tahun 2019 di Desa Kedai Damar Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai dan kegiatan Jalan Sehat 5 KM di Kota Pematang Siantar yang diikuti lebih dari 1.500 peserta. Selanjutnya pada bulan Oktober 2019 disalurkan bantuan Program Pemenuhan Kebutuhan Dasar, untuk kegiatan bedah rumah, elektrifikasi, MCK dan sarana air bersih dengan nilai bantuan sebesar Rp 389.610.500,-. Akhirnya, pada penghujung tahun 2019 ini, sekaligus sebagai penutup Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Tahun 2019, akan diselenggarakan Pasar Murah dengan menyalurkan sebanyak 2.000 paket senilai Rp 216.000.000,- yang akan dijual Rp 25.000,-/paket. Hasil penjualan paket Pasar Murah ini tidak dikembalikan kepada perusahaan, melainkan akan disumbangkan kepada rumah – rumah ibadah yang ada di sekitar wilayah kerja PT Perkebunan Nusantara IV.

Selama kurang lebih 10 tahun terakhir ini atau mulai tahun 2009 sampai dengan bulan Nopember 2019, PT Perkebunan Nusantara IV telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp128,53 Milyar untuk pelaku usaha mikro dan kecil dari sektor industri, perdagangan, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, jasa dan industri kreatif. Disamping juga bantuan untuk kegiatan – kegiatan pembinaan maupun peningkatan kemampuan usaha pelaku usaha mikro dan kecil. Melalui Program Bina Lingkungan telah disalurkan bantuan sebesar Rp 150,91 Milyar untuk sektor korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam maupun sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan. Sedangkan untuk Program CSR telah disalurkan bantuan sebesar Rp 92,78 Milyar untuk pengadaan atau perbaikan infrastruktur fasilitas umum serta bantuan sosial lainnya. Sehingga secara keseluruhan untuk Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, PT Perkebunan Nusantara IV telah menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 372,22 Milyar.(LEO DEPARI)

News Feed