oleh

Polres Melawi Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Kapuas 2019

Polres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H. rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka “Operasi Lilin Kapuas 2019”

Beritatrends, Melawi Kalbar – Menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Melawi telah melakukan berbagai kesiapan termasuk menggelar kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka “Operasi Lilin Kapuas 2019”. Rapat dilaksanakan di Aula Tri Brata Mapolres Melawi, Rabu (18/12/2019) siang.

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh instansi Pemerintah Daerah kabupaten Melawi dan Unsur TNI serta seluruh Pejabat Utama Polres Melawi ini, Dibuka langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H.

Dalam sambutannya Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi menyampaikan “Operasi Lilin Kapuas 2019” adalah Operasi Kemanusiaan dan seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait saling bersenergi dalam memberikan pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat.

“Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ini untuk menyamakan persepsi, tindakan dan langkah untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang merayakan natal dan tahun baru, maupun masyarakat yang melaksanakan aktivitas maupun kegiatan selama bulan Desember dan penyambutan tahun baru 2020 mendatang,” tuturnya.

“Tanpa bantuan dan kerjasama yang baik, seluruh pihak instansi terkait mustahil kegiatan Operasi ini dapat berjalan dengan lancar. Intinya saya berharap dari semua elemen masyarakat, baik itu Polisi, TNI, Instansi Pemda Melawi dan masyarakat, siap bekerjasama dan bersenergi menciptakan situasi di Wilayah Kabupaten Melawi yang aman dan kondusif,” terangnya.

Kabag Ops Polres Melawi AKP Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P dalam paparannya mengajak seluruh peserta agar terlibat secara langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat “Sebagai abdi Negara kita harus berikan pelayanan secara maksimal, Jangan sampai ada keluhan dari masyarakat, kita sebagai abdi Negara harus saling bersenergi dan semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik sepanjang perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020. Karena ini Operasi Kemanusiaan, jadi kita harus saling bersenergi guna terciptanya Harkamtibmas yang kondusif,” ajaknya.

Kasat lantas AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P menyampaikan walaupun operasi ini operasi kemanusiaan, tetapi apabila kami melihat secara kasat mata akan mengakibatkan potensi terjadinya kecelakaan lalulintas akan kami tindak. “Upaya-upaya yang kami lakukan dalam rangka penindakan pelanggaran lalu lintas bukan karena mau mencari-cari kesalahan masyarakat tetapi itu adalah upaya kepolisian untuk membentuk budaya tertib berlalulintas di jalan raya. Mobilisasi masyarakat dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru tolong dihindari memakai kendaraan bak mobil terbuka karena sangat rawan sekali terjadinya kecelakaan terjatuh dari atas mobil,” tegasnya.

“Beberapa hari lalu kami sudah melakukan patroli rawan bencana tanah longsor di seputaran jalan Provinsi tepatnya di Bukit Matok karena sudah pernah terjadi longsor disana, diharapkan semua instansi terkait saling bersenergi dalam menanggulangi dampak bencana tanah longsor ini. Jangan sampai kita nodai indahnya natal dan tahun dengan terjadinya kecelakaan lalulintas maupun sebagai korban lakalantas,” pesannya.

Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom memperhatikan masalah miras (minuman keras), diharapkan seluruh elemen masyarakat tidak melakukan minum-minuman keras pada saat perayaan tahun baru 2020. Terlebih sudah minum miras membawa kendaraan, sangat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lainnya. Wakapolres juga berpesan fokus pengamanan tidak hanya diperhatikan jalur darat saja. “Jalur sungai juga diperhatikan keselamatannya, jangan sampai mengangkut penumpang ataupun barang diluar kapasitas dari perahunya,” sampai Waka.

Sementara itu, selain komplain masalah bisingnya knalpot racing dan bisingnya suara petasan. Para tokoh masyarakat dan tokoh agama yang diundang sangat mengapresiasi Polres Melawi dan seluruh instansi terkait di Kabupaten Melawi yang dinilai sukses mengamankan seluruh rangkaian kegiatan masyarakat pada tahun lalu.(Alex)

News Feed