oleh

Cegah Kebocoran PAD, Bappenda Madiun Pasang 50 Tapping Box

Pemilik Rumah Makan Utama Kaligunting, Daniel menunjukkan alat tapping box yang dipasang petugas Bappenda Kabupaten Madiun dan Bank Jatim. Pemasangan tapping box untuk mencegah kebocoran dan meningkatkan PAD. 

MADIUN, BERITATRENDS — Badan Pendapatan. Daerah Kabupaten Madiun bekerjasama dengan Bank Jatim memasang sebanyak 50 tapping box (alat perekam transaksi) di hotel, penginapan, restoran, rumah makan dan tempat parkir, Kamis. (19/12/2019). Pemasangan tapping box dibawah supervisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi terobosan Bappenda Kabupaten Madiun untuk meningkatkan pendapatan asli daerah.

Kepala Bappenda Kabupaten Madiun, H. M Hadi Sutikno kepada Beritatrends.com, Kamis (19/12/2019) mengatakan pemasangan tapping box untuk mencegah kebocoran pendapatan asli daerah. Bahkan saat pemasangan alat tersebut langsung dibawah pengawasan petugas KPK.

“Harapan kami pemasangan tapping box dapat menghilangkan kebocoran PAD karena pemasangan tapping box langsung dibawah pengawasan KPK,” kata Sutikno.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun, H. M Hadi Sutikno memberikan penjelasan tentang pemasangan tapping box di hotel, restoran dan tempat parkir di Kabupaten Madiun. 

Ia merincikan 50 tapping box pasang di hotel dan penginapan sepuluh unit, tempat parkir dua unit, 38 rumah makan dan restoran. Jumlah itu akan ditambah manakala dilapangan ditemukan potensi PAD.

“Kedepan akan dipasang lagi disesuaikan di kondisi lapangan. Dan kalau 50 titik masih kurang dan ternyata ada potensi lain maka kita pasang lagi,” jelas Sutikno.

Menurut Sutikno pemasangan tapping box ini diharapkan dapat meningkatkan PAD terutama dari tiga kategori tadi.

Pemilik restoran menunjukkan tapping box yang diberikan Bappenda Kabupaten Madiun kepada pemilik hotel, restoran, rumah makan dan tempat parkir untuk meningkatkan PAD. 

 

“Paling tidak kami sudah melaksanakan kegiatan dengan bekerjasama dengan Bank Jatiim yang didukung oleh KPK untuk peningkatan PAD dan pencegahan korupsi,” jelas Sutikno.

Sementara itiu Pemilik Rumah Makan Utama Kaligunting, Daniel mengaku senang dengan pemasangan tapping box. Pasanya selain meningkatkan PAD, juga membantu pengusaha lebih mudah mengetahui pendapatan setiap harinya.

“Lewat hp dan laptop kami bisa memantau langsung jumlah pendapatan yang diperoleh setiap harinya'” ujar Daniel. (MAL).

News Feed