oleh

Ajak Kurangi Sampah Plastik Ketua Tim PKK Kab Madiun Bagi Tas Kain

BAGI TAS–Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Ny. Penta Lianawati Ahmad Dawami membagi-bagikan tas kain di Pasar Caruban, Selasa (17/12/2019).

 

MADIUN, BERITATRENDS –Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Ny. Penta Lianawati Ahmad Dawami membagi-bagikan tas kain di Pasar Caruban, Selasa (17/12/2019).  Pembagian tas kain itu sebagai bentuk sosialisasi dan ajakan kepada warga mengurangi sampah plastik.

“Semakin melimpahnya sampah plastik yang dihasilkan akan mencemari lingkungan. Apalagi sampah plastik membutuhkan ratusan tahun terutai di tanah. Untuk itu kami turut prihatin dan mengadakan acara ini,” ujar Penta.

Istri Bupati Madiun itu bersama anggota bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Sekolah Adiwiyata, Putra Putri Lingkungan Hidup dan OPD terkait mensosialisasikan pengurangan sampah plastik dengan membagikan tas kain sebagai ganti pengurangan kantong plastik.

FOTO BERSAMA- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Madiun, Ny. Penta Lianawati Ahmad bersama anggota bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun, Sekolah Adiwiyata, Putra Putri Lingkungan Hidup dan OPD terkait berfoto bersama usai mensosialisasikan pengurangan sampah plastik dengan membagikan tas kain sebagai ganti pengurangan kantong plastik di Pasar Caruban, Selasa (17/12/2019)

 

Menurut Penta, selain membagikan tas kain, pihaknya juga mesosialisasikan dampak sampah plastik. Tujuannya agar semua masyarakat mulai sekarang pada waktu belanja dimana saja sudah tidak mengguanakan tas kresek lagi tetapi menggunakan tas kain.

“Tas kain ini bisa digunakan berulangkali dan bisa dicuci bila koto. Harapan kami dengan penggunaan tas kain ini, masyarakat ikut berperan dalam upaya penyelamatan lingkungan,” jelasnya.

Penta mengatakan sampah plastik ini sudah menjadi isu dunia.  Pasalnya keberadaannya yang sangat membahayakan lingkungan.

Ia mencontohkan sampah plastik yang dibuang di sungai akan menyebabkan banjir. Sementara jika dibuang di tanah pekarangan atau sawah akan membunuh hewan pengurai seperti cacing.

“Padahal kita tahu cacing adalah hewan pengurai mengubah sampah organik menjadi kompos. Selain itu sampah plastik juga akan mengganggu terserapnya air didalam tanah. Apalagi sampah plastik ini di bakar akan mencemari udara sekitar,” demikian Penta.  (MAL)

News Feed