oleh

Kunjungan Kerja Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP RI

 

Beritatrends, Sintang – Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM membuka rapat kunjungan kerja Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP RI didampingi Asisten bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Ir. H. Zulkarnaen, M.Si di Balai Praja Kantor Bupati Sintang, Rabu (11/12/2019).

Pada kesempatan itu, Askiman mengatakan bahwa Kabupaten Sintang memang merasakan keuntungan yang luar biasa karena Kabupaten Sintang berada di satu sisi kawasan perbatasan “Dengan demikian tentunya menjadi perhatian strategis secara nasional, merupakan pertimbangan prioritas juga untuk kawasan perbatasan, dari semua aspek, semua potensi, semua bidang yang juga menjadi satu kesatuan daripada kebijakan secara nasional, dari sisi pertahanan keamanan juga menjadi satu perhatian bagi kita di daerah perbatasan, dari sisi ketertiban juga menjadi satu perhatian bagi kita” lanjutnya.

Askiman mengungkapkan bahwa dari kawasan perbatasan Kabupaten Sintang menjadi isu strategis nasional ketika pada waktu itu situasi dan kondisi daerah kecamatan Ketungau masih sangat terisolir dan terpencil dan bahkan tidak ada jalan “Tetapi kita mendapatkan satu perhatian yang luar biasa ketika mendapat sorotan dari media informasi pada saat itu, dengan situasi dan kondisi mereka yang sulit dari sektor ekonomi, dari semua aspek kehidupan mereka, sehingga muncul menjadi suatu tuntutan baru bagi mereka sendiri. Mulai dari itu menjadi satu titik perhatian bagi kita dengan sungguh luar biasa, sampailah pada saat itu Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan upacara 17 Agustus di Mungguk Gelombang, Senaning, yang dibagi menjadi 3 tempat, karena melihat begitu pentingnya peran aktif pemerintah dan peran aktif masyarakat untuk lebih peduli dengan situasi dan kodisi pada masyarakat kita” ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Askiman mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat bersyukur bahwa perjuangan dari BNPP yang sungguh luar biasa mulai sejak dari pertama berdiri, melakukan survey, melakukan desain perencanaan kawasan perbatasan, pembagian zonasi pembangunan dan kunjungan dari salah satu bidang di Kemeterian Pertahanan sehingga banyak sekali persoalan yang diangkat.

“Kami diberikan satu penghargaan yang luar biasa dengan terbangunnya jalan peradang nasional, walaupun belum maksimal kita gunakan tetapi itu sudah menjadi wujud nyata perhatian dari pemerintah pusat kepada daerah perbatasan, yang berikut dibangunnya listrik di Jasa, itu juga rangkaian perhatian” kata Askiman.

Menurut Askiman, melihat dalam satu strategi secara nasional, perlu menjadi suatu perhatian secara nasional yaitu kawasan strategis menjadi prioritas daripada pembangunan, tingkat pendapatan daerah dan kesetaraan dalam penyeimbangan masa pembangunan kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

“Terima kasih atas atensi dan peduli kepada Kabupaten Sintang sehingga Sintang akan merasakan sentuhan kasih Pemerintah Pusat untuk lebih maju kedepan” tutupnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Perwakilan dari Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan BNPP RI, unsur OPD dan unsur Forkopimda Kabupaten Sintang. (nus)

News Feed