oleh

Ketua DAD Sintang Meresmikan Rumah Betang Desa Bernayau

Meresmikan Rumah Betang Desa Bernayau

Beritatrends, Sintang – Rumah Betang adat Dayak “Kenyalang Tukong” Desa Bernayau kecamatan sepauk diresmikan oleh ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sintang Jeffray Edward, Selasa (9/12/19)

Penyambutan kedatangan rombongan Dewan Adat Dayak kabupaten sintang dilaksanakan dengan ritual adat pemotongan batang pisang, yang dipasang di gerbang masuk, dan dengan ayunan mandau, ketua DAD Jefray Edward memancung batang penghalang tersebut, kemudian dilanjutkan dengan menginjak telur, setelah itu baru diperbolehkan masuk ke area rumah betang, sambil diiringi tarian penyambutan, dan antraksi “Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng” yang membuat kagum para penonton dan tamu undangan.

Jefray Edward dalam sambutannya mengatakan bahwa, Rumah Betang yang dibangun dengan megah ini bisa dimanfaatkan sebagai wadah untuk berkumpul, baik itu acara adat, acara rapat, kegiatan seni ataupun lainnya. Jadi pergunakan dengan sebaik-baiknya dan dirawat agar bisa terjaga dengan baik, dan pada tahun 2017 juga saya diundang panitia, untuk mendirikan tiang pertama pembangunan rumah betang bersama masyarakat Desa Bernayau, dan saya ucapkan terima kasih karena peresmian rumah betang kembali dipercayakan pada saya, ucap Jeffray.

Jeffray juga mengungkapkan bahwa, masyarakat desa Bernayau sangat antusias, dalam membangun sebuah obyek wisata budaya, yaitu rumah betang yang dibangun menggunakan bahan kayu Tebelian, dengan dikerjakan secara bergotong royong oleh masyarakat, dan berharap pertahankan dan pelihara, terutama keikut sertaan generasi muda yang peduli untuk kemajuan pembangunan, juga berharap untuk desa-desa yang lain juga harus mampu membangun desanya, jelas Jefray.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta tiang penyangga bangunan, dan acara ritual adat, yang dilakukan di dalam bilik, sehingga Rumah Betang adat dayak desa Bernayau bisa digunakan.

Acara peresmian ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, camat Sepauk, kapolsek sepauk, Danramil, forkopinda kabupaten sintang, anggota Dprd Sintang, serta organisasi Tariu Borneo kabupaten sintang, para temenggung dan para kades desa tetangga dan tamu undangan. (nus)

News Feed