oleh

POLRES MADIUN KEMBALI SABET PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN PAN DAN REFORMASI BIROKRASI

 

Beritatrends, Madiun – Polres Madiun kembali memperoleh penghargaan bergengsi dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Sebelumnya bulan Nopember lalu Polres Madiun diganjar penghargaan sebagai role model pelayanan publik dengan nilai sangat baik.

Kali ini Polres Madiun menyabet predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada ajang penganugerahan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBK) yang diselenggarakan oleh Kemenpan RB di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa 10/12/19.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Anti Korupsi Internasional tersebut, Kemenpan RB memberikan penghargaan kepada 506 unit kerja dari 63 intansi pemerintah yang berhasil membangun Zona Integritas.

Dari Polda Jawa Timur, enam Polres memperoleh predikat sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2019. Diantaranya Polres Madiun, Polres Blitar Kota, Polres Jombang, Polres Bangkalan, Polres Kediri serta Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Selain itu juga terdapat Polres yang memperoleh Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), yaitu Polres Malang, Polres Mojokerto, dan Polres Lamongan.

Penghargaan langsung diberikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada 16 pimpinan kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah. Yang dinilai berhasil membangun zona integritas secara massive, sehingga memdapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

WBK maupun WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit-unit kerja pelayanan yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen kuat untuk memberantas korupsi serta peningkatan pelayanan melalui reformasi birokrasi.

Untuk memperoleh penghargaan tersebut ada beberapa tahapan dalam pembangunan Zona Integritas. yaitu
1. pencanangan ZI pada unit kerja pembangunan terhadap enam area.
2. perubahan yang meliputi manajemen perubahan, penguatan tata laksana.
3. penguatan manajemen SDM,
4. penguatan akuntabilitas kinerja.
5. penguatan pengawasan
6. peningkatan kualitas pelayanan publik.
Selanjutnya penilaian oleh Tim Penilai Internal (TPI) dan dilanjutkan dengan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional.

“Menpan R B Tjahjo Kumolo pada acara penganugerahan mejelaskan, Pembangunan Zona Integritas merupakan miniatur pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia.

Supaya bisa mengembangkan budaya birokasi yang terbebas dari KKN. sehingga bisa membangun birokrasi unit kerja yang Bersih, Akuntabel, berkinerja tinggi, efektif dan efisien. Serta bebas dari korupsi dan santun dalam melayani”, tutur Cahyo Kumolo.

Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin dalam sambutanya mengatakan, untuk mempercepat pencapaian sasaran hasil tersebut. Zona Integritas dibangun sebagai simbol komitmen pelaksanaan reformasi birokrasi di tiap unit kerja.

“Setiap unit kerja yang berhasil membangun Zona Intergritas (ZI) akan menjadi role model bagi unit kerja lainnya untuk menuju WBK maupun WBBM”, Terang Wapres Ma’ruf Amin

“Ma’ruf Amin menbahkan Agar pembangunan Zona Integritas di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah, kedepan cakupannya harus terus diperluas, perubahan semakin inovatif terutama pada unit-unit kerja yang langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat”, Tutur Ma’aruf Amin.

“Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono di hubungi Beritatrends.com mengatakan, sangat bersyukur terhadap penghargaan ini. Apa yang telah diraih Polres Madiun selama ini merupakan kerja keras dari seluruh personel. Polres Madiun akan terus meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” Terang Ruruh fia Whatsap. (E’TJ)

News Feed