oleh

Bupati Ponorogo Sholat Subuh Berjamaah di Masjid Baitul Rohman Desa Tegalsari Ponorogo

bupati bersalaman dengan masyarakat setempat

Beritatrends, Ponorogo – Bupati Ponorogo melaksanakan Sholat Subuh berjamaah bersama masyarakat di Masjid Baitul Rohman, Rabu (04/12/2019) kemarin.

Bupati Drs. H. Ipong Muchlissoni didampingi Forkopimka Kecamatan Jetis, Kepala D Tegalsari Khoirul Huda.

Kepala desa dan masyarakat menyambut dengan rasa bangga karena Bupati bisa datang ke Masjid Baitul Rohmah Dukuh Setono, Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis.

Masyarakat bisa bertatap muka secara langsung, dengan adanya Sholat Subuh berjamaah, usulan dan harapan dari Takmir Masjid bersama Kepala Desa Khoirul Huda, menyampaikan melihat prasejarah tentang berdirinya masjid Baitul Rohman berdiri pada tahun 1600 Masehi yang terletak dibagian tenggara kota Ponorogo tepatnya di Dukuh Setono.

Foto bersma dengan Forkopimca perangkay desa dan Takmir Masjid

Ditempat yang sama Imam Sudrajat sesepuh Dukuh Setono juga sebagai Tahmir Masjid Baitul Rahman Tegalsari menceritakan tentang berdirinya Masjid Baitul Rahman didirikan oleh Tiga  ulama pengikut dari Pangeran Sumende yang berasal dari Tembayat.

“Ketiga nama ulama tersebut Kyai Donopuro, Kyai Noyopuro dan Kyai Wongsopuro, datangnya Pangeran Sumende ke Dukuh Setono bersama rombongan membawa faktor politik dari Kartosuro yang tengah di landa peperangan,”Ucap Iman Sudrajat.

Foto bersama dengan ibu-ibu sekitar masjid yang ikut sholat berjamaah

Lanjut Iman Sudrajat, Sumende adalah sosok pengikut dari Pangeran Pandan Arang karena saat itu peperangan melawan penjajah Belanda sehingga Pangeran Sumende bersama pengikutnya mengungsi kepedalaman Jawa Timur yaitu tapatnya di Dukuh Setono yang berada di pinggir Kali Keang, Pangeran Sumende memilih untuk bersinggah dan menetap di situ bersama rombongan.

Kepala Desa Khoirul Huda mengatakan, mudah mudahan usulan dan permintaan kepada Bupati bisa dikabulkan dan dilaksanakan. “Itulah harapan masyarakat khususnya Dukuh Setono Desa Tegalsari – Ponorogo,”pungkas Kepala Desa Khoirul Huda. (Sugeng Sudrajat)

News Feed