oleh

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi : Keamanan Bukan Hanya Tanggung Jawab TNI-POLRI Tapi Tanggungjawab Kita Semua

saat acara meningkatkan sinergitas tiga pilar

Beritatrends, Melawi Kalbar – Sebagai upaya mendukung terwujudnya desa mandiri di Kabupaten Melawi, Sat Binmas Polres Melawi menggelar apel besar tiga pilar yang dilangsungkan di ruang meeting room hotel nite & day (Cantika), Kamis (05/12/2019) pagi.

Kegiatan yang mengusung tema “meningkatkan sinergitas tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa) guna mendukung terwujudnya desa mandiri dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi”. Kegiatan ini, dihadiri Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Gembung Yudha Sri Pamungkas, S.H, AKBP Maryono Kasubbid Satpam Polsus Direktorat Binmas Polda Kalbar, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H, Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya Uspa Yusra, Kasdim Mayor Supriyono, Para Camat, Para Kapolsek, Para Danramil, Pejabat Utama Polres Melawi, Perwira, Anggota Polres Melawi dan sejumlah elemen masyarakat lainnya. Hadir juga para Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Melawi, Babinsa dan para Kepala Desa.

Dalam sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H menyampaikan, desa mandiri merupakan program dari pusat hingga daerah, untuk membentuk daerah dan SDM yang unggul.

“Melalui gelaran Apel 3 Pilar ini, diharapkan sinergitas tiga pilar yang meliputi Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa, pemantapan desa mandiri khususnya di Kabupaten Melawi dapat diwujudkan,” tuturnya.

Kapolres menjelaskan, dalam desa mandiri terdapat indikator keamanan, dimana konteks keamanan harus mandiri. “Pemeliharaan Kamtibmas terus dilakukan Polres Melawi salah satunya bertindak sebagai motivator menggugah Kades dan masyarakat untuk membentuk Poskamling,” ungkapnya.

“Tupoksi kami (Polres Melawi dan Polsek Jajaran) yakni bagaimana melaksanaaan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, kemudian memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dan penegakan hukum,” jelas Kapolres Melawi terkait kontribusi kepolisian untuk membangun Desa sehingga menjadi Desa Mandiri.

“Tentunya keamanan satu kebutuhan utama dimana keamanan ini bukan hanya tanggung jawab TNI Polri tapi tanggungjawab kita semua,” tegas Kapolres mengakhiri sambutannya.

Wakil Bupati Melawi Dadi Sunarya Uspa Yusra dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Kepolisian dan TNI merupakan mitra yang baik dalam membangun Kabupaten Melawi mulai dari Desa.

Terlebih keberadaan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat mendorong terciptanya Desa Mandiri di Kabupaten Melawi.

“Tentunya melalui tiga pilar ini kita membangun Melawi, Polri dan TNI merupakan mitra yang cukup baik. Terlebih Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai ujung tombak di Desa,” puji Wakil Bupati Melawi.

Sementara Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar, Kombes Pol Gembung Yudha Sri Pamungkas, S.H membuka kegiatan Apel 3 Pilar mengatakan, masing-masing pilar harus bisa memerankan perannya. Harus saling mendukung, antara Kades, Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

“Mari kita sama-sama memajukan desa mandiri yang sudah berjalan maupun dicanangkan. Baik dari sisi ekomoni, materil, budaya dan SDM di tempat tersebut. Bangun sinergitas antara TNI-Polri dan pemerintah dalam penyelesaian masalah disetiap Desa,” ajaknya.

“Kekuatan tiga pilar adalah konfigurasi yang sangat kompleks, harus jaga terus kerjasama, sinergitas dan kekompakan. Tiga pilar sederajat, saling mengisi, harus saling mendukung untuk membangun Desa Mandiri. Naikkan great nya secara bertahap agar dapat menjadi Desa Mandiri,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibaca amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol Drs. Didi Haryono, S.H., M.H oleh Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Gembung Yudha Sri Pamungkas, S.H.

Sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Gembung Yudha Sri Pamungkas juga menitipkan pesan agar, Tiga pilar ini harus saling bersenergi dalam memberantas Narkoba di wilayahnya. Dirinya membeberkan peredaran Narkoba di Kalimantan Barat memang kebanyakan dimasukkan dari Negara tetangga. Oleh sebab itu, kerjasama 3 Pilar dan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk memberantas peredaran Narkoba di Kalimantan Barat.

Apel Besar tiga pilar di Kabupaten Melawi dilakukan guna terciptanya sinergitas, koordinasi dan penyamaan presepsi antara tiga pilar tersebut untuk bersama-sama mewujudkan Desa Mandiri serta meningkatkan prioritas pembangunan terutama dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Kabupaten Melawi.(Alex)

News Feed