oleh

Dengan konsep Ketahanan Pangan, Desa Tambakmas Madiun Bangun Irigasi Sawah

Para Pengurua Gakpoktan HIPPA Himpunan Petani Pemakai Air ” Tirto Wening Tambakmas “

Beritatrends, Madiun – Untuk meningkatan hasil produksi pangan sebagai salah satu indikator keberhasilan pengembangan pertanian menjadi kunci perhatian yang serius dalam usaha pertanian. Dan desa merupakan ujung tombak Nasional di sektor pertanian seperti padi, jagung dan ketela.

Kabupaten Madiun, untuk meningkatkan sarana infrastruktur seperti irigasi sawah yang menunjang keberhasilan peningkatan produksi harus terus dikembangkan, dan ditingkatkan daya dukungnya sampai ke wilayah-wilayah yang berpotensi dan menjadi basis pertanian.

Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, Himpunan Petani Pemakai Air ( HIPPA ) “TIRTO WENING TAMBAKMAS” penerima dana dari Dinas Pertanian dan Pengairan Das Solo untuk pengembangan jaringan irigasi. sebagai salah satu infrastruktur penunjang peningkatan produksi pertanian serta peningkatan indeks pertanaman (IP) perlu terus dibenahi agar ketersediaan air irigasi mampu mengalir sampai jauh dan menjangkau ke areal persawahan desa Ketandan.

Ketua gapoktan “Tirto WENING TAMBAKMAS” Mustarom menjelaskan, pengunaan dana ini kita gunakan untuk irigasi persawahan, supaya sawah dapat teraliri air dengan lancar. baik di waktu musim kemarau maupun musim penghujan sehinga bisa menghasilkan panen yang sesuai di harapkan oleh para petani padi yang merupakan hasil unggulan Desa Tambakmas.

Para Pekerja UpahYang Melibatkan Masyarakat Setempat

Dengan adanya irigari yang lancar bisa menghasilkan sekitar 25 ton setiap kali panen. Sebelum di bangunya irigasi hanya bisa menghasilkan sekitar 15 ton. Jadi bisa kita rasakan perbandingan dimana sebelum dan sesudah di bangunya irigasi ini.

” Saya selaku ketua gapoktan Tirto Wening Tambakmas, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Madiun serta Dinas Pertanian dan Pengairan Kabupaten Madiun serta Das Solo telah banyak membantu para petani di Desa ketandan ini.”

“Begitu pula masyarakat mengucapkan terima kasih kepada kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo S.Pd karena jasa beliau para petani bisa lancar dalam mengarap sawahnya “, Terang Mustarom ketua gapoktan Tirta Wening Tambakmas.

Kepala Desa Tambakmas Sugeng Widodo S.Pd Menunjukan lokasi dibangunnya Saluran Irigasi

Beritatrends wawancara dengan Kepala Desa Tambakmas Sugeng Wibowo menjelaskan, Keberhasilan dalam membangun desa tidak luput dari peran serta masyarakat. Pekerjaan Irigasi ini mencapai panjang 337 meter dan bisa lebih mengingat kebutuhan irigasi sawah yang ada. Pembangunan ini dititik lokasi Rt 16 sampai ke RT 17 Desa Tambakmas dengan menelan dana sekitar 197 Juta Rupiah.

Dalam membangunan jaringan irigasi mengunakan tenaga upah dari desa sendiri. Mengingat program yang dianjurkan Presinden Joko Widodo dengan konsep Ketahanan Pangan Nasional. Gunakan dana sebaik mungkin untuk dan memberdayakan warga sekitar guna memajukan perekonomian desa.

“Sugeng Widodo mengungkapkan Konsep pembangunan jaringan irigasi menggunakan teknik ferrocement sehingga kekuatan dan efektifitas air irigasi dapat lebih baik serta sebagai upaya untuk mencegah dan mengurangi resiko kehilangan air,” jelas Kepala Desa Tambakmas. (E’Tj)

News Feed