oleh

Bupati Ponorogo Kunjungi Desa Sukosari – Ponorogo Diarak Naik Kebo-Keboan Kyai Slamet

Bupati Ponorogo diarak naik kebo-keboan Kyai Slamet

Beritatrends, Ponorogo – Kedatangan Bupati Ponorogo disambut dengan pengalungan bunga oleh Kepala Desa Sukosari, Kec. Babadan, Kab. Ponorogo, selanjutnya dinaikkan ke atas kebo-keboan Kyai Slamet  menuju ke balai Desa Sukosari, Bupati Ponorogo didampingi tim II, Forkopimka Babadan  dan kepala desa, Selasa (26/11/2019) kemarin.

Kedatangan Bupati merupakan kegiatan tilik Desa Sukosari untuk peresmian Gedung Terpadu Graha Sembada Desa Sukosari dengan penanda tanganan prasasti, selanjutnya peninjauan produksi unggulan di Desa Sukosari, di UMKM Desa Sukosari berbagai macam jenis prodak seperti : tempe, krupuk, lempeng, jamu beras kencur dan parem. Sedangkan keterampilan berupa pembuatan Gendang, Terompet, itu mewujudkan hasil karya para anggota Desa Sukosari. Selanjutnya Bupati menuju ke balai Desa Sukosari bersama ketua DPRD Ponorogo Sunarto SPd.

Dalam sambutan kepala Desa Sukosari  Slamet Daroini mengucapkan syukur alhamdullillah Bupati sudah dua kali mengunjungi Desa Sukosari artinya sangat peduli dengan rakyat Desa Sukosari untuk bertemu dan masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara langsung dengan Bupati Ponorogo hal ini sudah saya umumkan di depan masyarakat dengan adanya dana yang tersalur ke desa Sukosari yaitu BKKD itu bisa untuk pengembangan kekurangan bangunan yang ada di desa Sukosari.

Pidato Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni mengatakan, kunci keberhasilan adalah perdamaian, aman, guyub rukun dan bersatu.

Kemudian Bupati Ponorogo membahas adanya Kebo Bule yang ada di Ponorogo tepatnya di desa Sukosari, Kebo Bule Kyai Slamet merupakan kesenian yang berdasar sajarah napak tilas lahirnya Sinuwun Pakubuwana II ke Ponorogo setelah Geger Pecinan.

“Dengan bantuan pasukan Ponorogo akhirnya Sinuwun bisa merebut Kartasura dari para pemberontak. Buku ini digarap oleh masyarakat Sukosari dan beberapa budayawan serta seniman Ponorogo pengarang buku sejarah Kebo Bule dan kesenian Kebo Bule Pak Huda mulai ditulis 2016, terbitlah disahkan muncul  26 november 2019 Kyai Slamet,”jelas Bupati Ponorogo. (Sugeng sudrajat)

News Feed