oleh

Sat Binmas Polres Melawi Gelar FGD, 3 Hal Ini jadi Pokok Bahasan

Beritatrends. Melawi Kalbar – Kepolisian Resor (Polres) Melawi, melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan Focus Group Discussion ( FGD) tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, kenakalan remaja dan bermedia sosial yang baik dan bijak dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Melawi kali ini dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Rajawali Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Selasa (26/11/2019).

Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi, S.H., S.I.K., M.H melalui Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom saat membuka kegiatan menyampaikan, “Perkembangan teknologi yang semakin maju, memicu terjadinya kenalan remaja. Kondisi ini, mengharuskan adanya solusi dan kerjasama antara Polri, masyarakat serta Instansi Pendidikan, selaku pusat pembinaan remaja di Kabupaten Melawi,” jelasnya.

Menurutnya, melalui kegiatan FGD tersebut diselenggarakan dengan maksud agar bisa mewujudkan sinergitas yang positif antara Polri dan siswa –siswi tingkat SMA/ SMK Sederajat, Serta tenaga pendidik yang ada di Kabupaten Melawi. “Dengan tujuan utamanya untuk meminimalisir dan menanggulangi kenakalan remaja, khususnya pada kalangan pelajar,” ungkapnya.

“Kenakalan remaja kian hari semakin bervariatif, melalui forum FGD inilah kami menggali potensi-potensi pencegahan yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memberikan bekal untuk para remaja agar bisa membentengi diri dari prilaku-prilaku yang merugikan,” tegasnya.

Sementara itu, Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun mengatakan “Selama ini Polres Melawi sering melakukan berbagai kegiatan razia ataupun penertiban. Dan faktanya, masih ditemukan adanya beberapa pelajar yang melanggagar hukum. Mulai dari pelanggaran lalulintas hingga ada remaja, seperti mabuk-mabukan,” bebernya.

Lanjut Marbun, semakin meningkatnya perilaku kenakalan remaja, tidak dipungkiri karena faktor kemajuan teknologi informasi. Untuk itu, dirinya mengajak para pelajar untuk mengimbangi dengan kegiatan-kegiatan yang positif. “Dengan adanya diskusi ini, diharapkan bisa menghasilkan kesepakatan serta bagaimana solusi dan penanganan kenakalan remaja di Kabupaten Melawi,” pungkasnya.

KBO Sat Res Narkoba Polres Melawi Ipda Tri Jumadi selaku narasumber memaparkan bahwa salah satu dari kenakalan remaja adalah penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, para pelajar dengan tegas diimbau untuk tidak mencoba-coba barang haram tersebut.

Hadir Pada Kegiatan FGD (Focus Group Discussion) yaitu Waka Polres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Kasat Binmas AKP TP. Marbun, KBO Sat Res Narkoba Ipda Tri Jumadi dan Anggota Sat Binmas Sebanyak 7 orang. Selain itu dihadir juga oleh, Dewan Guru dan Para Pelajar SMA/Sederajat di Wilayah Kecamatan Nanga Pinoh, dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 90 orang. (Alex)

News Feed