oleh

Serunya Berwisata di Madiun Umbul Square, Bugarkan Tubuh Dan Ramaikan Liburan Keluarga

WATER BOOM—Water boom Madiun Umbul Square menjadi salah satu daya tarik pengunjung wisata air yang berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo.

MADIUN, BERITATRENDS–Madiun merupakan salah satu Kabupaten diwilayah Jawa Timur bagian barat. Madiun sendiri dikenal memiliki cukup banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Wisata Umbul yang berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo.

Taman wisata yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi ketika anda singgah di Kabupaten Madiun. Selain memiliki taman yang indah, didalam Taman Wisata Umbul juga terdapat Wahana Wisata Air yang bisa menyegarkan tubuh usai melakukan perjalanan.

Taman Wisata Umbul selalu ramai dihari biasa, akhir pekan, maupun saat liburan. Pengunjung yang datang tak hanya wisatawan lokal saja, namun juga datang dari luar daerah seperti Kediri, Surabaya, hingga dari Jakarta.

KOLAM ANAK—Tak hanya kolam dewasa, pengelola Madiun Umbul Square juga menyediakan fasilitas kolam renang untuk anak-anak.

Lokasi Taman Wisata Umbul sangat strategis karena berada jalur antar kota Surabaya – Ponorogo. Namun, jika anda masih bingung, anda bisa langsung mencarinya melalui Google maps dengan mengetik “Taman Wisata Umbul” maka anda akan diarahkan menuju lokasi.

Sampai di Taman Wisata Umbul Madiun atau Madiun Umbul Square, pengunjung diwajibkan membayar tiket sebesar Rp.20.000 sebagai tiket masuk. Setelah itu dipersilahkan memparkirkan kendaraan ditempat parkir yang telah disediakan.

Setelah masuk ke Taman Umbul, disisi timur pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya bunga di Taman Amarta Umbul, didalam Taman Amarta Umbul terdapat berbagai wahana permainan anak yang telah dipersiapkan untuk anak – anak anda.

Selain itu juga ada Mini Zoo dengan berbagai satwa, seperti Kura – Kura, Burung Merak, Kalkun, Rusa, dan masih banyak lainnya.Tak hanya itu saja di Taman Amarta juga terdapat lukisan tiga dimensi yang sangat cocok untuk berselfi. Lukisan tiga dimensi tersebut terlihat seperti nyata hingga karakter binatang yang ada dalam lukisan terlihat seolah – olah seperti hidup. Sehingga membuat hasil jepretan anda semakin berkesan.

WAHANA BERMAIN—Selain kolam renang dan water boom, terdapat wahana bermain untuk anak-anak dan orang dewasa di Madiun Umbul Square.

Disudut lain juga terdapat Gazebo untuk anda istirahat sambil menikmati bekal maupun anda bersantai usai melakukan perjalan. Selain yang disebutkan diatas, di Wisata Umbul sisi timur juga terdapat Out Bond Kids, Petilasan, Roll Coaster, terapi ikan dan Water Boom.

Water Boom di Wisata Umbul selalu ramai dan paling diminati, karena selain air yang jernih, juga terdapat seluncuran yang bisa untuk uji adrenalin. Didalam area Water Boom terdapat dua kolam renang.
Dibagian atas merupakan kolam kusus dewasa, dan dibagian bawah merupakan kolam kusus anak – anak. Tak hanya itu, terdapat kolam khusus berisi air belerang yang dipercaya dapat menyembuhkan aneka penyakit kulit.

Sementara itu, disisi barat terdapat beberapa wahana yang cukup menarik anda coba. Seperti Sinema 9 Dimensi, Bianglala, Komedi Putar, Kora – Kora dan Rumah Hobit.

Masih disekitaran wahana permainan, terdapat sebuah sumber air belerang. Sumber air belerang itulah yang konon menjadi asal usul dusun Umbul. Terdapat cerita menarik tentang asal usul Taman Wisata Umbul Madiun ini.

LUKISAN TIGA DIMENSI—Di Taman Amarta Madiun Umbul Square terdapat lukisan tiga dimensi yang sangat cocok untuk berswafoto bagi pengunjung.

 

Cerita tersebut tertulis pada sebuah papan yang ada disekitaran Sumber Air Belerang. Konon, sumber air belerang Umbul merupakan salah satu peninggalan kerajaan Ngurawan yang menjadi cikal bakal Kabupaten Madiun.

Adapun riwayatnya sebagai berikut. Dahulu, Ki Ageng Nerang Kusumo yang merupakan putra dari raja Kediri bertandang ke kerajaan Ngurawan yang sekarang menjadi Kabupaten Madiun, untuk melamar putri raja Ngurawan.

Namun sayangnya lamaran Ki Ageng Nerang Kusumo tersebut ditolak, dengan rasa kecewa Ki Ageng Nerang Kusumo tidak langsung pulang ke Kediri. Tetapi untuk menenangkan hati, beliau melakukan pertapaan dibeberapa tempat di wilayah Ngurawan. Dan, Dusun Umbul merupakan tempat pertapaan terakhir beliau. Dari tempat pertapaan inilah pula yang akhirnya muncul sumber air belerang yang diyakini sebagai petilasan Ki Ageng Nerang Kusumo.

PINTU MASUK—Inilah pintu masuk Madiun Umbul Square yang berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun.

 

Sumber air inilah yang konon katanya menyembur dari dalam tanah yang dalam bahasa jawa ” mumbul ” yang pada akhirnya masyarakat menyebutnya dengan nama sumber air belerang Umbul. Dan saat ini tempat munculnya air belerang tersebut dikenal dengan Madiun Umbul Square.

Fasilitas umum ditempat wisata satu ini tergolong cukup baik dan lengkap, mulai mushola, Toilet dan lainnya sudah tersedia. Jika Anda sudah puas berkeliling taman, Anda juga bisa beristirahat sambil memesan makanan diwarung atau kedai yang ada diarea taman.

Bahkan jika Anda ingin mencari oleh – oleh khas Madiun, di Taman Wisata Umbul juga sudah tersedia pusat oleh – oleh untuk pengunjung yang akan kembali kerumah. Banyak hal yang unik di Taman Wisata Umbul. Madiun Umbul Square memang tiada duanya. Jika anda disana dijamin anda tidak akan bosan. Buatlah pengalaman anda singgah diMadiun menjadi berkesan selama singgah di Taman Wisata Umbul Madiun. (MAL/ADV).

News Feed