oleh

Pesona Alam Wisata Nongko Ijo Kabupaten Madiun, Sejuk dan Banyak Tempat Swafoto Instgramable

PESONO NONGKO IJO—Dikelilingi ribuan pohon pinus, pesono wisata hutan pinus Nongko Ijo cocok bagi Anda yang ingin berwisata mengisi waktu libur bersama keluarga dan sahabat.

MADIUN, BERITATRENDS–Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi saat singgah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur adalah Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo. Selain memberikan nuansa sejuk dan hawa dingin ala pegunungan, ditempat ini Anda juga bisa berselfi ria dengan latar belakang hutan pinus.

Jika mendengar nama Wisata Nongko Ijo pasti terbesit dalam pikiran Wisata petik buah nangka ijo atau nangka hijau, namun ternyata bukan. Nongko Ijo adalah wisata alam berupa hutan pinus yang terletak di lereng Gunung Wilis sisi barat, tepatnya di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Tempat wisata ini selalu ramai saat hari biasa maupun libur akhir pekan.

Wisata ini dikelola oleh LMDH dan Perum Perhutani setempat. Nama Nongko Ijo sendiri sebenarnya adalah sebutan salah satu tempat di area Wisata Nongko Ijo. Konon menurut warga desa ditempat itu memang ada banyak buah nangka hijau yang tumbuh subur. Dari situlah Wisata Alam ini dinamakan Nongko Ijo.

FOTO PREWEDING—Lokasi yang sejuk dan banyak pohon pinus menjadikan wisata Nongko Ijo sering dijadikan tempat preweding bagi pasangan yang hendak menikah.

Nongko Ijo terletak 15 Kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun. Jika ditempuh dari Kota Caruban membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk sampai lokasi menggunakan kendaraan bermotor. Disepanjang perjalanan mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutanndan hijau areal persawahan.

Bagi para pengunjung yang hendak berekreasi ke Nongko Ijo tak perlu khawatir akan medan yang ditempuh. Jalan menuju Wisata ini cukup halus sampai titik lokasi. Sampai lokasi pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk. Tiket masuknya pun sangat terjangkau, yaitu Rp.5.000 untuk tiket masuk dan Rp.2.000 untuk tiket parkir.

Masuk diarea wisata, pengunjung langsung disuguhkan pemandangan yang sangat eksotis dan hijaunya hutan pinus. Didalam hutan pinus terdapat jalan setapak namun sudah berpaving, jalan tersebut biasa dilalui pengunjung untuk menuju kebeberapa spot selfi.

MAKAN BERSAMA—Disaat siang hari, banyak pengunjung menjadi lokasi wisata hutan pinus Nongko Ijo untuk tempat makan bersama karena cuacanya yang sejuk ditambah dengan pemandangan indah.

Dibeberapa titik terdapat tempat untuk berswafoto, seperti rumah pohon, kursi – kursi kayu, dan gazebo untuk tempat istirahat sambil menyantap bekal maupun minum minuman hangat. Hasil swafoto pun terlihat cantik karena berlatarbelakang hutan pinus dan bukit wilis sehingga cocok diposting di akun Instagram Anda.

Semakin lama di Nongko Ijo pasti rasa hati tak ingin pulang. Hawa dingin khas daerah pegunungan mengiringi setiap langkah pengunjung saat berada di Nongko Ijo.

Dibawah area hutan pinus terdapat aliran sungai dengan air yang mengalir begitu sangat jernih. Gemericik air sungai terus terdengar mengalir meskipun diterpa musim kemarau. Pertanda hutan pinus Nongko Ijo memang masih alami dan terjaga kelestariannya.

BERKEMAH—Bila malam hari tiba, Anda bisa berkemah dengan wisata hutan pinus

Selain itu fasilitas umum juga sudah tersedia, seperti tempat beribadah, dan Toilet. Wisata Nongko Ijo kini sudah dikelola dengan apik. Sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Nongko Ijo.

Puas berkeliling area wisata, bagi Anda yang ingin memanjakan lidah bisa singgah diwarung – warung yang ada diarea wisata. Meskipun warung yang ada sederhana, namun kuliner yang disajikan cukup lengkap. Ada nasi pecel Khas Madiun, dan juga masakan – masakan tradisional. Yang pastinya dengan harga yang cukup terjangkau.

BERJUBEL—Bila musim liburan tiba, Wisata Hutan Pinus Nongko Ijo yang berada di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun dijubeli pengunjung dari berbagai daerah.

 

Nuansa sejuk dan hawa dingin pegunungan Wilis, sudah tentunya cocok bagi Anda yang ingin berwisata mengisi waktu libur bersama keluarga dan sahabat. Hanya saja untuk sampai ke lokasi ini Anda harus menumpang kendaraan pribadi lantaran belum ada transportasi umum setiap harinya. (MAL).

News Feed