oleh

Wisata Monumen Kresek Madiun, Nikmati Keindahan Bukit Gunung Wilis Dan Belajar Sejarah Kekejaman PKI

FOTO BERSAMA-Bupati Madiun, Ahmad Dawami bersama forpimda berfoto bersama di salah satu patung yang berada di Monumen Kresek Kabupaten Madiun. 

MADIUN, BERITATRENDS–Salah satu tempat Wisata di Kabupaten Madiun yang menyuguhkan keindahan panorama alam adalah Wisata Monumen Kresek yang berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Selain menyuguhkan keindahan alam pegunungan, Wisata Monumen Kresek juga merupakan monumen yang dibangun pemerintah untuk mengenang sejarah keganasan dan kekejaman PKI membantai para ulama dan tokoh masyarakat saat itu.

Monumen kresek berada disebelah timur atau 15 Kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Madiun. Untuk sampai monumen itu, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

AMATI RELIEF-Bupati Madiun, Ahmad Dawami yang akrab disapa Kaji Mbing mengamati relief yang menggambarkan kekejaman PKI membantai para ulama dan tokoh masyarakat di Monumen Kresek. 

 

Akses jalan menuju Monumen Kresek sangat bagus karena sudah di aspal sampai lokasi Wisata. Tak perlu khawatir untuk parkir kendaraan dari roda dua hingga bus karena Monumen Kresek ini memiliki lahan parkir yang cukup luas.

Dihari biasa maupun hari libur tempat wisata ini sangat ramai pengunjung dari Madiun maupun luar daerah. Maka belum lengkap rasanya jika Anda ke Madiun belum singgah di Monumen kresek ini.

Wisata Monumen kresek memiliki keindahan alam pegunungan yang tiada duanya. Dari atas bukit monumen, pengunjung langsung bisa menatap indahnya bukit pegunungan Wilis.

PANORAMA ALAM–Tak hanya belajar tentang sejarah, di Monumen Kresek Kabupaten Madiun, Anda bisa menikmati keindahan panorama alam Gunung Wilis. 

 

Tak hanya itu, di monumen ini Anda bisa belajar sejarah tentang kekejaman PKI pasca kemerdekaan RI. Pasalnya, Monumen Kresek  menjadi salah satu bangunan peninggalan dan sebagai saksi atas peristiwa pertempuran melawan PKI diMadiun. Monumen ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Soelarso, pada 10 Juni Tahun 1991.

Didekat Monumen ini pengunjung bisa melihat prasasti batu yang terukir nama – nama prajurit TNI, polisi dan pamong desa yang gugur dalam pertempuran melawan PKI di Desa Kresek maupun karena dibantai oleh PKI. Kolonel Inf Mahardi adalah prajurit TNI berpangkat tinggi yang gugur dalam pertempuran diDesa Kresek. Hingga kini namanya dijadikan nama salah satu jalan di Kota Madiun, dan didirikan pula patungnya di Alun – alun Kota Madiun sebagai penghormatan.

Untuk masuk ke Wisata Monumen Kresek, pengunjung harus membayar tiket Rp. 5.000 saja. Dengan membayar tiket tersebut pengunjung sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di Monumen Kresek.

TAMAN PAYUNG–Salah satu lokasi yang menjadi favorit pengunjung di Monumen Kresek yakni taman payung. Nampak salah satu pengunjung sementara berpose di taman tersebut. 

 

Fasilitas di tempat ini juga sangat lengkap, mulai wahana bermain anak, tempat Ibadah, toilet dan kamar mandi umum tersedia.

Untuk anak – anak tersedia wahana permainan seperti ayunan, perosotan dan lainnya. Jadi tak perlu bingung memilih hiburan untuk anak anda.

Bagi pengunjung yang hoby berselfi, tersedia juga spot selfi yang instagramable. Salah satunya adalah taman payung. Dari pintu masuk monumen pengunjung bisa langsung masuk di taman payung dan langsung bisa berfoto ria. Tempat inilah yang menjadi jujukan pengunjung kala berkunjung ke Monumen Kresek.

JEMBATAN KRESEK–Sebelum masuk lokasi wisata Monumen Kresek, pengunjung dapat menjumpai Jembatan Kresek yang dibawahnya dialiri sungai dengan mata air dari Gunung Wilis. Di lokasi ini, banyak wisatawan yang berswafoto karena warna-warninya Jembatan Kresek. 

 

Usai berfoto selfi, pengunjung bisa langsung naik menyusuri anak tangga, setelah naik anak tangga, pengunjung bisa melihat beberapa patung dan relief di tempat tersebut. Disitulah pengunjung bisa mulai melihat sejarah Monumen Kresek.

Setelah puas berkeliling taman dan menikmati keindahan alam, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di warung – warung sekitar area Wisata. Salah satunya adalah sate jamur.

Sate Jamur bisa anda temui ditempat ini, dengan hanya merogoh saku Rp 12.000. Satu porsi makanan pengunjung bisa menikmati satu porsi Sate Jamur + nasinya khas Monumen Kresek.

SATE JAMUR–Setelah puas berkeliling taman dan menikmati keindahan alam, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner yang ada di warung – warung sekitar area Wisata. Salah satunya adalah sate jamur.

 

Rasanya yang nikmat dengan hawa sejuk khas pegunungan menambah selera makan pengunjung usai berkeliling monumen. Selain sate jamur, ada juga olahan kuliner berbahan jamur lainnya, yakni Bakso Jamur.

Pada umumnya bakso terbuat dari daging sapi namun kalau di Monumen Kresek, bakso terbuat dari Jamur. Harganya juga murah meriah mulai dari Rp 10.000. Selain nikmat citarasanya,  olahan jamur ini juga menyehatkan, karena dipercaya sangat rendah kolesterol.

Berkunjung ketempat ini, untuk warga Madiun dan sekitarnya pasti sudah tak asing lagi dengan jalan menuju Monumen Kresek  Namun bagi yang belum pernah berkunjung tidak usah khawatir, karena Wisata Monumen Kresek ini bisa diakses lewat google map. Jadi Anda tidak mungkin tersesat saat hendak menuju monumen tersebut. (MAL).

News Feed