oleh

Warga Kabupaten Madiun Antusias Ajukan Ijin UMKM Lewat Program Oke Deh

BERIKAN IJIN–Kepala Seksi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun, Elvy Nyraeny menyerahkan ijin UMKM kepada Muhammad Yusuf, warga Kota Caruban yang memiliki usaha penjualan pulsa dan handphone di Kantor Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jumat (22/11/2019) pagi.

MADIUN, BERITATRENDS—Warga Kabupaten Madiun antusias mengajukan ijin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setelah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun meluncurkan terobosan program online single submission keliling desa dan kelurahan (Oke Deh). Keantusiasan warga mengurus ijin UMKM terlihat dari banyaknya masyarakat yang mengantri di berbagai lokas digelarnya program Oke Deh.

Kepala Seksi Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun, Elvy Nyraeny disela-sela kegiatan Program Oke Deh di Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan membenarkan antusiasnya warga mengurus ijin UMKM setiap timnya turun ke desa. Bahkan dari empat tiitik yang dikunjungi tim Program Oke Deh, DPMPTSP Kabupaten Madiun sudah mengeluarkan 114 ijin UMKM.

“Antusias warga mengurus ijin UMKM tinggi. Karena banyak mengajukan, bahkan kami membuka pelayanannya sampai sore hari. Sampai saat ini kami sudah mengeluarkan 114 ijin UMKM di empat lokasi yang digelar Program Oke Deh. Jumlah itu nantinya masih terus bertambah lantaran masih ada lima lokasi yang akan kami datangi dalam waktu dekat,” ujar Elvy yang didampingi stafnya, Budi Suratno.

KONSULTASI—Seorang ibu rumah tangga melakukan konsultasi kepada anggota tim Program Oke Deh, Budi Suratno saat membuka layanan pengurusan ijin UMKM di Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jumat (22/11/2019) pagi.

 

Pantuan Beritatrends.com di Kantor Kelurahan Krajan, nampak puluhan warga yang didominasi ibu rumah tangga duduk mengantri menunggu panggilan petugas tim Program Oke Deh. Setiap warga yang hendak mengurus ijin UMKM diwajibkan mengisi formulir yang sudah disedikan tim Program Oke Deh.

Setelah mengisi isian formulir dari tim Program Oke Deh, warga menunggu panggilan dari petugas untuk dikonfirmasi jenis usaha, identitas, modal usaha hingga alamat e-mail. Setelah terverifikasi identitas diri, jenis usaha dan modal usahanya, tim Program Oke Deh mencetak ijin UMKM dan langsung diserahkan kepada warga.

Elvy merincikan 114 ijin UMKM yang dikeluarkan DPMPTSP Kabupaten Madiun melalui Program Oke Deh terdiri 38 di Saradan, 21 di Kare, 15 di Kedungmaron dan 40 di Kelurahan Krajan. Khusus di Kelurahan Krajan, jumlahnya akan bertambah lantaran 25 pengajuan ijin belum diproses karena terkendala jaringan internet.
Cepat, Mudah dan Gratis

ISI FORMULIR—Warga mengisi formulir tentang jenis usaha, identitas diri hingga alamat e-mail sebagai syarat mengurus ijin UMKM pada program OSS keliling desa dan kelurahan yang digelar DPMPTSP Kabupaten Madun di Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jumat (22/11/2019) pagi.

 

Antusiasnya warga Kabupaten Madiun mengurus ijin UMKM bukan tanpa sebab. Beberapa warga yang mengurus ijin saat ditemui Beritatrends.com di Kantor Kelurahan Krajan mengaku tertarik mengajukan permohonan ijin UMKM karena syaratnya mudah , cepat dan tidak dipungut biaya.

Bahkan warga yang syaratnya sudah lengkap, proses pengurusan ijin UMKM membutuhkan waktu tidak sampai satu jam. Kepada petugas, warga cukup menyodorkan fotokopi KTP, KK dan alamat e-mail. “Tadi saya hanya serahkan fotokopi KTP, KK dan alamat e-mail. Diproses dalam kurun waktu tidak sampai satu jam sudah selesai,” ujar Muhammad Yusuf (30), warga Kota Caruban.

Sebelumnya adanya terobosan Program Oke Deh, kata Yusuf, warga mengira pengurusan ijin UMKM biayanya mahal dan memakan waktu yang lama. Kondisi itu menjadikan warga menjadi enggan mengurus ijin UMKM kepada pemerintah. “Tapi kenyataannya pengurusannya cepat, mudah dan gratis,” kata pria yang kesehariannya berjualan pulsa dan handphone tersebut.

ANTRI—Warga yang hendak mengurus ijin UMKM melalui program Oke Deh DPMPTSP Kabupaten Madiun sementara mengantri menunggu panggilan dari petugas di Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jumat (22/11/2019) pagi.

 

Setelah mendapatkan ijin UMKM dari pemerintah, ia pun akan mudah mendapatkan tambahan modal usaha sehingga usahanya bisa berkembang lebih baik lagi. Tak hanya itu, warga yang memiliki ijin usaha kedepan bila ada program pendampingan dari pemerintah akan diprioritaskan.

Senada dengan Yusuf, Yuliatin (49), seorang ibu rumah tangga asal Desa Kenongo Rejo, Kecamatan Pilangkenceng yang memiliki usaha jamu mengaku senang dengan hadirnya terobosan program Oke Deh. Selain gratis, program Oke Deh banyak membantu warga yang memiliki usaha kecil namun kekurangan modal.

“Kalau punya ijin kan nanti mau pinjam untuk tambah modal kan mudah. Selain itu kalau usaha sudah memilik ijin, kami pun merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan usaha,” kata Yuliatin.

Tak beda dengan Yuliatin, Yakin Suprianto warga Kelurahan Bangunsari, Kecamatan Mejayan mengatakan ia mengurus ijin UMKM setelah usaha tape ketannya bertambah maju. Harapannya dengan adanya ijin UMKM yang dikeluarkan pemerintah usahanya makin bertambah maju dan dapat mengurus ijin lainnya. (MAL/ADV)

News Feed