oleh

Bupati Madiun Tegaskan Urus Ijin Usaha UMKM Gratis

Bupati Madiun, Ahmad Dawami menyerahkan secara simbolis ijin usaha kecil dan menengah kepada warga di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (20/11/2019)

MADIUN, BERITATRENDS — Bupati Madiun, Ahmad Dawami menegaskan semua warga yang mengurus ijin usaha kecil dan menengah tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan warga dapat mengurus ijin usaha itu dalam waktu yang singkat.

“Semua warga yang memiliki usaha skala kecil dan menengah gratis dalam mengurus ijin usaha. Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk membuat ijin usahanya cepat. Tidak memakan waktu berhari-hari,” ujar Bupati Ahmad Dawami yang biasa akrab disapa Kaji Mbing kepada Beritatrends.com disela-sela kunjungannya pada kegiatan Bakti Sosial Terpadu di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (20/11/2019) siang.

Bupati Kaji Mbing dalam acara itu sempat mengunjungi stan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu yang membuka pelayanan program OSS keliling desa dan kelurahan di Desa Kedungmaron. Tak hanya sekedar berkunjung, orang nomer satu di Pemkab Madiun juga sempat berdiskusi dengan warga yang sementara mengurus perijinan usaha kecil dan menengah.

Bupati Madiun, Ahmad Dawami berdiskusi dengan Ahmad Taufik, warga Desa Kenongorejo, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun yang mengurus ijin usaha kerupuknya saat kunjungan bakti sosial terpadu di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (20/11/2019).

 

Kepada Bupati Kaji Mbing, warga menyatakan kepuasannya terhadap pelayanan perijinan usaha kecil dan menengah melalui program OSS keliling desa dan kelurahan. Selain syarat yang dipermudah, warga yang mengurus ijin usaha kecil dan menengah banyak dibantu staf DPMPTSP ketika kesulitan mengisi formulir dan mengakses email.

Usai berdialog Bupati Kaji Mbing menyerahkan secara simbolis ijin usaha yang sudah jadi kepada dua warga Kabupaten Madiun. Tak hanya itu, setiap mengunjungi stan desa, Bupati Kaji Mbing meminta agar warga yang sudah memiliki usaha tetapi belum berijin segera mengurus ijin karena tidak ada pungutan biaya.  “Tadi kalau ketemu ibu-ibu yang memiliki usaha tetapi belum memiliki ijin saya langsung arahkan untuk mengurus ijin sekarang juga ke stan DPMPTSP,” kata Bupati Kaji Mbing.
Bupati Kaji Mbing mengatakan ijin usaha yang dimiliki warga akan dijadikan sebagai salah satu syarat bila mengajukan pendampingan atau bantuan modal usaha UMKM. Untuk itu ia meminta warga yang memilik usaha tetapi belum memiliki ijin untuk segera mengurus ijin ke DPMPTSP.

“UMKM yang minta bantuan dan pendampingan syarat salah satunya harus memiliki ijin dari Pemkab Madiun.  Untuk itu saya dorong dari bawah semua untuk mengurus ijin agar perekonomian Kabupaten Madiun semakin maju dan kuat,” tandas Bupati Kaji Mbing.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun, Arik Krisdiananto memonitor pelayanan program OSS keliling desa dan kelurahan di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (20/11/2019).

Bupati Kaji Mbing menambahkan porsi alokasi dana desa yang makin bertambah di desa rupanya mendorong sektor usaha kecil dan menengah tumbuh di pedesaan. Kondisi itu juga didukung makin inovatifnya warga di pedesaan mengembangkan usahanya untuk menambah pendapatan keluarga.

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Arik Krisdiananto menyatakan tim Program OSS Keliling Desa dan Kelurahan akan terus bergerak dari desa ke desa untuk melayani warga yang akan mengurus ijin usaha kecil dan menengah. Langkah itu diambil agar warga yang hendak mengembangkan usahanya cepat terbantu setelah mendapatkan legalitas ijin usaha dari pemerintah.

Ibu-ibu yang memiliki usaha kecil dan menengah sementara mengajukan permohonan ijin kepada petugas program OSS keliling desa dan kelurahan di Desa Kedungmaron, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Rabu (20/11/2019).

“Dengan memiliki ijin usaha dari pemerintah, warga yang memilik usaha bisa mendapatkan berbagai keuntungan mulai dari pendampingan hingga bantuan modal usaha. Selain itu warga juga bisa mengurus ijin lainnya,” demikian Arik. (MAL)

News Feed