oleh

Jelang Kenaikan UMK, Ratusan Buruh di Mojokerto Gelar Aksi Demo

Aksi buruh perempuan saat orasi depan kantor disnaker Kabupaten Mojokerto(ft:susilo/beritatrends.com)

Beritatrends, Mojokerto, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) Kabupaten Mojokerto, kembali turun ke jalan untuk menyuarakan aspirasi terkait kenaikan upah minimum kabupaten / kota (UMK) Tahun 2020.

Ratusan buruh di Mojokerto, sebelum berangkat untuk aksi Demontrasi di kantor Gubernur Jatim, para buruh menggelar orasi depan Kantor Disnaker Kabupaten Mojokerto di jalan Pemuda No.55, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Rabu(20/11/2019).

Korlap aksi demo dari Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) Kabupaten Mojokerto Ardian Safendra, mengatakan aksi Demontrasi kali ini mendesak Bupati atau wakil Bupati Mojokerto,sebagai pimpinan Daerah Kabupaten yang di Daerahnya terdapat perusahaan-perusahaan besar agar merekomendasikan Upah Minimum Kabupaten(UMK)dan Upah Minimum Sektoral(UMSK) tahun 2020.

“Jadi tuntutan kita hari ini,(20/11) aliansi Serikat Pekerja Metal Indonesia(SPMI)yaitu,buruh ring 1 dan beberapa daerah yaitu menolak kenaikan upah minimum sebesar 8,51% namun meminta kenaikan upah sebesar 15 % sampai 20 % karena dari hasil survei pasar internal yang di lakukan di 38 kota atau kabupaten bahwa upah minimum di jawa timur harusnya sudah 2,2 juta,” terang Ardian.

Ratusan buruh yang didominasi kaum perempuan pada aksi orasi didepan kantor disnaker Kabupaten Mojokerto

Masa yang datang dengan menggunakan mobil komando langsung diparkir tepat di depan pintu gerbang kantor disnaker kabupaten mojokerto,dan dijaga ketat petugas kepolisian Polres Mojokerto.

Menurut Ardian,aksi yang menyuarakan penolakan kenaikan upah minimum kabupaten mojokerto tahun 2020 yang kenaikanya disamaratakan sebesar 8,51%. serta disparitas UMK antara umk kabupaten mojokerto pada tahun 2019 Rp. 3.851.983,38 sedangkan umk kota mojokerto 2.263.665.07 sehingga kesenjanganya (disparitasnya) mencapai nilai yang fantastis yakni 70%. sementara pada tahun 2020 di prediksi upah kabupaten Rp. 4.190.944,58, kota mojokerto Rp. 2.905.043, 19 sehingga nampak terlihat ke depan selisih Rp 1.285.901,39 atau sebesar 44%.

Ardian juga meminta kepada bupati atau wakil bupati mojokerto upah minimum sektoral (UMSK) tetap di jalankan bahkan jumlahnya harus bertambah, banyak sekali sektor sektor unggulan baru yang muncul di kabupaten mojokerto yang tidak terdeteksi oleh dewan pengupahan.

“Oleh karena itu kami meminta agar yang ada kemarin jangan sampai di hilangkan jika bisa harus di tambah 10 hingga 15 sektor unggulan,” jelasnya.

Ardian juga mengatakan, kenaikan sektor unggulan yang di usulkan pihak buruh naik 8,51% dari umk yang sudah ada, oleh karena itu pihaknya meminta kapada pemerintah berpihaklah kepada buruh jangan hanya mengejar investasi dan hilangkan cara yang tidak baik dalam menentukan UMK maupun UMSK.

Dilain pihak Kepala Bidang Hubungan Industrial Kabupaten Mojokerto, Saifullah Ali Akbar mengatakan,terkait tuntutan yang ada selama tidak melanggar aturan yang berlaku entah itu undang undang no 13 tahun 2003, ataupun PP 78 tahun 2015 tidak masalah.

“Fungsi dari Dewan pengupahan hanya mengusulkan untuk di rekomkan kepada bapak bupati atau Wakil Bupati dan kemudian di tetapkan oleh gubernur, mengacu pada pasal 80 ayat 3 undang-undang No.13 tahun 2003,”tegas Akbar.

Masa buruh selesai melaksanakan aksi Orasi depan kantor disnaker Kabupaten Mojokerto,sebagian masa aksi berangkat menuju surabaya untuk bergabung dengan rekan buruh dari Kabupaten lain,seperti dari Surabaya,Kabupaten Sidoarjo,Gresik,lamongan,dan pasuruan melakukan aksi lanjutan di depan kantor Gubernur Jatim, gedung Grahadi Surabaya.Sementara sebagian masih bertahan depan kantor Disnaker Kabupaten Mojokerto untuk mengawal jalanya rapat Dewan pengupahan.

Tapi dari pantauan beritatrends.com sampai dengan pukul 14:00 wib,Rabu(20/11)masa buruh yang bertahan depan Kantor Disnaker Kabupaten Mojokerto berangsur-angsur meninggalkan lokasi,dan Kantor hanya ada aparat kepolisian yang masih berjaga di dalam pagar halaman Disnaker.(sus)

News Feed