oleh

400 Umat Buddha Mengadakan Upacara Oesiki

Upacara Oesiki

Beritatrends, Magetan – Sekitar 400 umat Buddha Dharma Indonesia dari Wonomulyo, Magetan, Ponogoro, Ngawi, Batu Malang, dan Jawa Tengah mengikuti upacara Oesiki di Vihara Vimalakirti Wonomulyo, Genilangit, Poncol, Magetan pada Jumat (8/11/19).

Pada hari Jumat(8/11), peserta mengikuti Upacara Otaiya yang dipimpin oleh Yang Arya Ryozo Tosawa (salah satu Bhiksu Nichiren Shosu, Kepala Kuil Hoseiji-Jakarta). Upacara berjalan dengan lancar. Upacara ini diselenggarakan untuk pertama kalinya di Wonomulyo. Setelah itu, peserta nonton malam kesenian yang berisi tari-tarian dari umat berbagai daerah dan paduan suara. Selanjutnya, peserta dari berbagai daerah tersebut tidur di rumah penduduk desa untuk istirahat.

Pada hari Sabtu (9/11/19) peserta mengikuti upacara Oesiki. Upacara ini adalah salah satu upacara penting di agama Buddha Nichiren Shoshu. Pada saat Buddha Niciren Daishonin moksa, di Jepang bermekaran bunga sakura. Oleh sebab itu tiap kali peringatan Oeshiki dibuatlah ratusan bunga kertas berwarna pink untuk melambangkan peristiwa tersebut. Tiruan bunga sakura dibagikan pada seluruh umat yang hadir.

Pada upacara tersebut Sangha dan umat bersama-sama mendoakan ketentraman dan kedamaian Negara Indonesia. Dalam sambutannya Yang Arya Ryozo Tosawa senang dengan kedatangannya ke Wonomulyo, “rasanya seperti pulang ke kampung halaman.” Beliau juga mendoakan seluruh umat yang hadir agar semakin maju dalam dharma dan bahagia.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia, Ibu Pandita Utama Aiko Senosoenoto mengajak agar seluruh umat semakin semangat dalam memikirkan kebahagiaan orang lain dan lingkungan. Beliau juga agar ketentraman dan kedamaian di Indonesia yang majemuk ini tetap terjaga dan dapat ditingkatkan.

Setelah upacara, peserta mengikuti pertemuan yang membahas permasalahan hidup sehari-hari. Setelah itu masing-masing peserta mendapatkan bunga sakura (bunga dari kertas) untuk dibawa pulang ke rumah masing-masing. Selamat Oesiki dan sampai ketemu lagi tahun depan di Wonomulyo. (Red)

News Feed