oleh

Kebakaran Hutan Lawu Diduga Karena Ulah Pencari Madu Lebah

15 November – 18 November 2019, Hutan lereng Gunung Lawu Terbakar

Beritatrends.com, Magetan – Kebakaran hutan melanda kawasan Lereng Gunung Lawu di Kabupaten Magetan pada 15 November sampai dengan 18 November Kemarin. Penyebab kebakaran diduga akibat ulah orang yang sedang mencari Madu lebah hutan, dengan cara membakar jerami untuk mengusir lebah.

“Kebakaran hutan yang terjadi kemarin disinyalir akibat kelalaian orang yang sedang mencari madu lebah hutan, mereka membakar jerami untuk mengusir lebah sehingga menyisakan api, kemudian tertiup angin membakar semak-semak dan ilalang di lereng Gunung Lawu,” Kata Marwoto, Asper KPH Lawu DS usai melakukan penyisiran di lokasi kebakaran, Selasa (19/11/2019) Pagi.

Menurut Marwoto, luasan area hutan milik Perhutani yang terbakar sekitar 17 Hektar, yaitu lahan produktif dengan tanaman rakyat.

lahan hutan milik Perhutani yang terbakar tepatnya di petak 55 BKPH Lawu Utara KPH Lawu DS Dusun Sempu, Desa Sukowidi Kecamatan Panekan dan petak 51a, 52a, 73/1, 73/2, 56a1, 52b BKPH Lawu utara KPH Lawu DS, Desa Bedagung Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan yang sudah dipadamkan oleh petugas sejak 18 November kemaren.

Pada Selasa (19/11/2019) Pagi, Personil Perhutani dibantu aparat melakukan penyisiran dan telah mendata lahan yang terbakar dilokasi kebakaran.

Sebelumnya, petugas gabungan dari Perhutani, TNI-Polri, serta relawan menggunakan peralatan seadanya, Untuk mengatasi kebakaran hutan.

“Sampai dengan saat ini sudah tidak ditemukan titik api kembali, kita menghimbau kepada masyarakat sekitar agar tidak membuat api atau membakar sembarangan di dalam hutan,” Imbuh Marwoto.

“Petugas perhutani tetap melakukan pemantauan guna mengantisipasi munculnya kembali api baru dikarenakan kondisi cuaca angin sangat kencang,” Pungkas Marwoto.

Hingga Selasa (19/11/2019) sore, jalur pendakian puncak Lawu masih di tutup guna mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan. (Gal)

News Feed