oleh

Permudah Pelayanan Ijin Usaha, DPMPTSP Kabupaten Madiun Luncurkan Program  OSS Keliling Desa

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun, Arik Krisdiananto menjelaskan tentang terobosan program Oke Deh yang diluncurkan untuk mendekatkan pelayanan pengurusan ijin usaha di desa dan kelurahan di Kabupaten Madiun.

 

MADIUN, BERITATRENDS—Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Madiun membuat terobosan khusus untuk memudahkan warga yang tinggal di pedesaan mengurus ijin usaha mikro kecil dan menengah.

Organisasi perangkat daerah yang dipimpin Kepala Dinas DPMPTSP, Arik Krisdiananto itu meluncurkan program Online Single Submission (OSS) Keliling Desa dan Kelurahan yang tenar dengan sebutan program Oke Deh. Program Oke Deh diluncurkan sebagai bentuk terobosan DPMPTSP agar warga yang tinggal di pedesaan tak lagi kerepotan mengurus ijin usaha kecil dan menengah.

Petugas OSS Keliling Desa dan Kelurahan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun menyerahkan ijin usaha yang sudah terbit kepada salah satu warga Desa Sugih Waras, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. 

“Dengan program ini warga yang tinggal di pedesaan dan hendak mengurus ijin usaha tidak perlu repot datang ke kantor Dinas DPMPTSP. Warga cukup membawa syarat-syarat yang dibutuhkan lalu diserahkan kepada tim Oke Deh yang sementara membuka pelayanan perijinan di desa,” ujar Arik.

Arik menjelaskan bila syarat yang dilampirkan lengkap maka ijin usaha kecil dan menengah yang diajukan warga dapat jadi dalam waktu satu hari. Bahkan lampiran surat ijin itu langsung diserahkan petugas Oke Deh kepada warga.

Nampak petugas OSS Keliling Desa dan Kelurahan sementara melayani warga yang hendak mengajukan ijin usaha kecil dan menengah di Desa Sugihwaras, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

 

Menurut Arik program terobosan Oke Deh digelar di 15 kecamatan secara bergantian. Masing-masing kecamatan, timnya akan membuka pelayanan pengurusan ijin usaha kecil dan menegah di salah satu desa. “Kami menargetkan satu desa bisa melayani 25 permohonan ijin usaha kecil dan menengah,” jelas Arik.

Laporan dari tim Oke Deh menyebutkan minat warga untuk mengajukan perijinan UMKM sangat besar. Terakhir di Desa Sugihwaras, Kecamatan Pilangkenceng, tim Oke Deh DPMPTSP Kabupaten Madiun menerbitkan 28 perijinan UMK.

Warga mengisi formulir pengajuan ijin usaha dalam program OSS Keliling Desa dan Kelurahan (Oke Deh).

 

Arik mengharapkan, lewat program Oke Deh, warga di pedesaan yang ingin beriwirausaha dapat memanfaatkan terobosan program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Madiun.

Arik mengatakan warga yang memiliki ijin usaha dalam berwirausaha akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain legal usahanya, warga yang memilii ijin usaha dari pemerintah akan mudah mendapatkan kucuran modal dari pihak perbankan. (MAL)

News Feed