oleh

Tingkatkan PAD, Bappenda Madiun Pasang Tapping Box di Hotel dan Restoran

Kabid Pembukuan dan Penagihan Bappenda Kabupaten Madiun, Arik Nursurahmat memberikan materi sosialisasi penggunaan alat monitor transaksi pajak hotel dan pajak restoran di Kabupaten Madiun.

 

MADIUN, BERITATRENDS — Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Madiun menggelar sosialisasi pemasangan tapping box (alat monitor transaksi) bagi pengusaha restoran dan hotel, Kamis (7/11/2019). Pemasangan tapping box dilakukan sebagai upaya Bappenda meningkatkan pendapatan asli daerah Pemkab Madiun.

“Sosialisasi ini kami gelar untuk optimalisasi pendapatan asli daerah. Dengan alat itu kami dapat mengetahui jumlah pajak yang harus dibayarkan pengusaha kepada pemerintah,” ujar Kabid Pembukuan dan Penagihan Bappenda Kabupaten Madiun, Arik Nursurahmat.

Tak hanya pengusaha hotel dan restoran, sosialisasi itu dihadiri perwakilan Bank Jatim. Para pengusaha mendapatkan materi penjelasan terkait rencana Bappenda Kabupaten Madiun memasang tappingbox di restoran dan tempat hiburan.

Program pemasangan tappingbox juga bagian menindaklanjuti setelah diberlakukannya Undang-Undang nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Kehadiran undang-undang itu juga menjadikan makin luasnya pemerintah daerah mendapatkan potensi pendapatan asli daerah.

Untuk itu pemerintah daerah dituntut untuk mampu mencari pendapatan sendiri. Dengan demikian, keberlanjutan pembangunan di daerah masing-masing akan terus berlangsung.

Arik mengatakan kehadiran tappingbox akan memudahkan pemerintah daerah mengetahui dan memonitoring database data wajib pajak yang rendah hingga  kepatuhan dari wajib pajak.

Tak hanya itu, dari alat itu akan diketahui secara pasti dan transparan data  pajak restoran dan hiburan. Selain itu juga dapat dijadikan pembanding validitas data yang  dilaporkan oleh wajib pajak.

Untuk pemasangannya, Arik mengatakan, tim Bappenda Kabupaten Madiun akan melakukan dalam waktu dekat. Hanya saja, sebelum dipasang tim terlebih dahulu melakukan survei lapangan untuk memetakan alat apa yang sesuai dengan wajib pajak. (MAL/ADV).

News Feed