oleh

Tangkal Radikalisme, Kodim Magetan Minta Masyarakat Laporkan Bila Ada Kelompok Yang Mencurigakan

Beritatrends.com, Magetan – Kodim 0804 Magetan telah dilaksanakan kegiatan Wawawsan Kebangsaan kepada masyarakat dan pelajar di Kabupaten Magetan tentang Radikalisme di Aula Kodim 0804/Magetan, Rabu (13/11/2019).

Wasbang juga dalam rangka Binter Terpadu Tahun 2019, dengan mengambil tema “Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Mewujudkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang Tangguh”.

Dalam Sosialisasi tersebut, Kolonel Inf Bambang Sudarmanto, S.Sos, MM, MH yang meruoakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Kodam V/BRW menjelaskan tentang Sistem pertahanan Negara Indonesia yang menganut sistem pertahanan rakyat dan menempatkan seluruh komponen bangsa sebagai kekuatan pendukung dan kekuatan cadangan serta TNI sebagai kekuatan utamanya.

“Diperlukan suatu Komsos sebagai metode pembinaan teritorial yang merupakan wujud kebersamaan dalm mempererat hubungan seluruh komponen bangsa,” Kata Kolonel Inf Bambang Sudarmanto, S.Sos, MM, MH.

Lanjut ia,”Untuk menjaga kondusivitas tidak hanya tugas TNI dan kepolisian saja,masyarakat juga memiliki peran yang sangat besar di dalamnya,” Jelasnya.

Ia menekankan bahwa hubungan antara TNI dan Masyarakat yang sudah baik ini, jangan sampai dipengaruhi oleh suatu aliran yg menyesatkan dan memecah belah kita.

Dilanjutkan dengan pemberian Materi Radikalisme oleh Kapten Arm Khoirudin, Pasi Intel Kodim 0804/Magetan Menekankan kepada Masyarakat akan bahaya terorisme.

“Kita semua harus mewaspadai segala bentuk aliran radikalisme dan terorisme, laporkan segera pada pihak berwajib jika mengetahui kelompok yang mencurigakan,” Kata Kapten Arm Khoirudin.

Pemberantasan paham Radikalisme dan terorisme bukan hanya menjadi tugas TNI dan Polri saja akan tetapi menjadi tugas Masyarakat, tanpa adanya kesadaran masyarakat akan sangat sulit untuk memberantas terorisme dan menangkal paham radikalisme.

“Menjadi kewajiban kita bersama untuk selalu menjaga bangsa Indonesia dari bahaya penyebaran paham radikalisme, sehingga sekecil apapun yang muncul di tengah tengah masyarakat harus kita waspadai jika berkaitan dengan penyebaran paham radikalisme,” Tegas Kapten Arm Khoirudin.

Dilaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi semua komponen sehingga dapat mewujudkan kondusivitas dan menangkal paham Radikalisme di Kabupaten Magetan. (*)

News Feed