oleh

Inilah Alasan Pj Kades Sampangagung Membangun Jalan Santren di Wunut

Pj.Kades Sampangagung saat meninjau pembangunan rabat beton jalan lingkungan Satren Dusun Wunut (ft:susilo/beritatrends.com)

 

Beritatrends, Mojokerto – Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto,melaksanakan pembagunan rabat beton jalan santren tepatnya jalan lingkungan Dusun Wunut.

Anggaran untuk pembangunan berasal dari bantuan Dana Desa (DD), total pagu Rp.807,7 juta tahun anggaran 2019 dari Pemerintah Kabupaten Mojokerto,anggaran Desa yang telah disalurkan dari RKUD ke RKUDes sampai saat ini sebesar Rp.484,6 juta.Tahap pertama disalurkan sebesar Rp.161,533,800 juta,anggaran diterima bendahara Desa pada tanggal 24 Mei 2019,dan di pergunakan untuk pembangunan jalan lingkungan Dusun Sampang GG II.

Sedangkan penyaluran tahap dua sebesar Rp.323.067.600 dan diterima tanggal 04 September 2019 dan dialokasikan untuk rabat beton jalan lingkungan santren Dusun Wunut, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto.

PJ Kades Sampangagung Abdul Manan,Spd. mengatakan anggaran Dana Desa(DD) tahap dua Desa Sampangagung tersebut,untuk pembangunan jalan lingkungan Satren Dusun dengan volume panjang 194 m X Lebar 4 m,dan ketebalan 15 cm,dan untuk melanjutkan pembangunan drainase saluran air jalan lingkungan Dusun sampang dengan volume,Panjang 200 m x Lebar 50 cm dan ketinggian 1 m.

Abdul Manan,menyanpaikan pada beritatrends, Jum’at (08/11/2019) prioritas pembangunan khususnya untuk Lingkungan Santren Dusun Wunut,sebab selama kurun waktu 8 tahun Dusun wunut belum tersentuh pembangunan dari anggaran Dana Desa(DD) untuk jalan lingkungan,oleh sebab itu menurut Manan biar ada pemerataan pembangunan khususnya peningkatan jalan lingkungan,agar masyarakat bisa menjalankan roda perekonimian dengan jalan lingkungan yang layak.

“Alhamdulilah untuk pembangunan peningkatan jalan lingkungan,di dusun wunut dengan panjang 194 m dengan lebar 4 m,dan tebal 15 cm sudah 95 persen selesai tinggal melanjutkan cor jalan lingkungan,Dusun sampang GG II yang drainase saluran air sudah rampung kemarin,” terang manan.

Menurut Abdul Manan, Alokasi Dana Desa( DD) dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan di pedesaan. Hal tersebut untuk menyeimbangkan pertumbuhan perekonomian di Desa Sampangagung.Oleh karena itu lanjut Manan,perlu sinergitas dan peran serta masyarakat Desa Sampangagung agar pembangunan di Desa bisa tercapai sesui harapan semua masyakat Desa.

“Pembangunan jalan Lingkungan santren Dusun Wunut desa sampangagung dan pembangunan drainase plengsengan saluran air dan cor jalan lingkungan,di Dusun sampang Desa sampangagung  bisa meningkatkan perekonomian  dan taraf hidup masyarakat Desa,” jelas Abdul Manan.

Untuk tahap selanjutnya tutur Manan,pembangunan dengan alokasi Dana Desa (DD) tahap tiga akan dilanjutkan pada tahun 2020 dengan tetap penyeselesaian jalan lingkungan yang masih rusak dan pembangunan dibidang lain dengan mengalokasikan anggaran untuk usaha kecil menengga atau usaha mikro dan membuat BUMDes.(Sus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed