oleh

Cegah Pertikaian Sesama Nelayan, Kades Sumur adakan Musyawarah

saat diadakan musyawah kedua belah pihak

Beritatrends, Lampung Selatan – Nelayan Dusun Sumur Induk beserta beberapa nelayan lainnya melalui perwakilan mereka mendatangi kantor Kepala Desa (kades) Sumur melaporkan tentang ada nelayan dari luar daerah.

Nelayan tersebut adalah nelayan dari asal Sumenep Madura yang menumpang bersandar di dermaga Dusun Sumur Induk Kelurahan Sumur, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (4/11/2019) kemarin.

Ada pun perwakilan Solihun nelayan Dusun Sumur Induk ke kantor desa tujuannya mereka memberitahu kepada Kepala Desa tentang adanya nelayan dari luar daerah asal Sumenep Madura yang berlabuh di Dermaga Dusun Sumur Induk, dan mencari ikan di perairan, tempat mereka mencari ikan juga.

“Nelayan yang ada di Dusun Sumur Induk mulai resah, sebab akhir-akhir ini kalau mereka turun melaut hasilnya mulai berkurang kadang-kadang juga nihil alias zong, karena nelayan dari luar daerah tersebut tiap malam mengadakan perburuan tiap malam,”ujar Solihun.

Kepala desa Imade Prima Wijaya dengan cepat menyikapi masalah nelayannya tersebut, kades pun langsung mengadakan sosialisasi terhadap dua nelayan tersebut di dampingi, Kasat Polair, Kapolsek, Babinsa agar persoalan ini bisa cepat selesai, sebab kalau tidak ditanggapi takutnya nanti makin memanas dan berujung bentrok.

“Setelah terjalin kesepakat, maka kami dari pihak desa dan pihak penegak hukum, tidak mau kalau masalah ini membuat perpecahan sesama nelayan hanya karena masalah kecil, dan kalau tidak cepat kita sikapi akan timbul pertikaian dan main hakim sendiri itu yang kita tidak inginkan,”pungkas Imade Prima Wijaya. (jupri)

News Feed