oleh

Hadi Sanyoto Pegang Kendali PWI Ponorogo

pengurus PWI Ponorogo bersama Ketua DPRD Ponorogo, anggota Dewan Kepala OPD dan Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto

Beritatrends.com, Ponorogo – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, melantik pengurus PWI Kabupaten Ponorogo periode 2019-2022 di Meeting Room Rumah Makan Echo Kicthen, Selasa (29/10).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Ponorogo yang diwakili oleh Kadis Kominfo Najib Susilo, Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM, Komandan Kodim 0802/Ponorogo diwakili Dan unit Intel Letda Inf Edi Priyanto, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo Sunarto S.Pd, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Ponorogo Andi, Ketua PWI Jatim Drs. Ainur Rokhim, M. Ip, Kasat IPP Polres Ponorogo AKP Susworo, SH, Pengurus PWI se Karesidenan Madiun, dan para insan jurnalis Ponorogo.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur Drs. Ainur Rokhim, M.Ip menyampaikan, bahwa
PWI merupakan organisasi profesi yang berdiri sejak tahun 1946 yang sifatnya nasional serta terakreditasi oleh dewan pers.

“PWI merupakan organisasi profesi kewartawanan yang bertujuan memajukan pers Indonesia. Untuk itu, insan pers harus sudah mempunyai Uji Kompentensi Wartawan (UKW). Semoga dengan dilantiknya pengurus yang baru ini akan dapat membawa damapak baik dalam kemajuan dunai pers di Ponorogo. Selain itu, berpesan kepada anggota PWI agar menyeimbangkan peran kontrol sebagai fungsi – fungsi sosial dengan pihak lain oleh karena itu berperilakulah wajar dan rendah hati, “kata Ainur Rokhim.

Kepala Dinas Kominfo Ponorogo Najib Susilo mengatakan, pihaknya mengajak kepada insan pers untuk memberikan informasi berita sesuai dengan prosedur, berperan aktif ikut membangun dan mencerdaskan masyrakat Ponorogo.

“Pada kesempatan ini, kami mengajak kepada insan pers bersama-sama bersinergi, ikut berperan membangun dengan informasikan kepada masyarakat terkait visi misi Bupati Ponorogo. Bekerjalah sesuai dengan prosedur sehingga dalam pemberitaan dapat ikut serta dalam mencerdaskan masyarakat Ponorogo. Dan selamat atas dilantiknya pengurus PWI Kabupaten Ponorogo yang baru, “ujar Najib Susilo.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Ponorogo Hadi Sanyoto menuturkan, bahwa diera digitalilisasi memasuki revolusi industri 4.O kecepatan memperoleh informasi tantangan industri media adalah bagaimana memerangi informasi atau berita hoax.

“Industri media harus dengan cepat mengklarifikasi, dengan begitu pembaca tidak terjerumus dengan informasi yang salah atau kliru yang bisa meresahkan. Tugas Industri media untuk memberikan informasi yang benar, akurat, dan mencerdaskan. Agar para penikmat informasi atau pembaca bisa lebih cerdas tidak begitu muudah mempercayai sebuah informasi atau berita yang didapatkannya. Sebagai fungsi kontrol media menempatkan pada penyeimbang dengan begitu koreksi atas jalannya pemerintahan agar tidak lepas kendali. Bersinergi menjadi bagian penting dengan tidak meninggalkan tugas pokok dan fungsi media untuk bisa memberikan manfaat bagi semua pihak, “tutur Hadi Sanyoto.

Pada kegiatan tersebut dilantik pengurus PWI Kabupaten Ponorogo yakni Penasehat Siti Noor Aini (HU Duta Masyarakat, Ketua Hadi Sanyoto (radio duta nusantara), Wakil Ketua Dili Istimora Eyato (lenteratoday.com), Sekretaris Welas Arso (kanalindonesia.com), Bendahara Endang Widayati (Radio Duta Nusantara), Seksi Sosial dan Budaya Sugeng Prasetyo (Koran Seputar Ponorogo), Seksi Pendidikan dan Pelatihan Ahmad Yusron Fatahi (RRI Madiun), Seksi Pemerintahan, Hukum, Politik Agus Shofwan Rifai (Koran Ponorogo Pos), Seksi Humas dan Umum Yanuar Abidin( Harian Bhirawa) dan Seksi Olah Raga Fenti Fatmawati ( Radio Duta Nusantara). (Sul)

News Feed