oleh

Peresmian Taman Bacaan Masyarakat dan Peringati Sumpah Pemuda

Beritatrends.com, Pandeglang –  Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke- 91, pemuda – pemudi Kampung Cigobang, Desa Curuglemo, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten pagi ini minggu (27/10/2019) menginisiasi pembukaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) bernama TBM Al-Latif.

Asep  Saya Hidayatullah (25) mengatakan, dirinya ingin sekali meningkatkan minat baca di kampungnya yang bercita – cita menciptakan generasi muda yang peduli dengan literasi,mencetuskan generasi yang berprestasi bahkan ada anggota TBM Al – latif menjadi penulis buku yang gigih.

Selain itu, ia pun ingin mengajak ibu – ibu untuk menjalankan salah satu program dari TBM Al – Latif yakni, Tata Boga. “Program ini diantaranya, Baca Bersama, Diskusi, Bercerita, Tour Literasi, lomba-lomba keagamaan umum yang kreatif, dan kedepannya saya ingin membuat  Bank Sampah,” ujarnya.

Sekitar kurang lebih terdapat 100 anak hadir memenuhi ruang terbuka skaligus Mengasah kemapuan anak – anak untuk lomba menggambar, dan mewarnai agar mengenali lingkungan di sekelilngnya, di pekarangan rumah lelaki yang berprofesi sebagai guru MIN 2 Pandeglang sekaligus anggota Palang Merah Indonesia.

Peresmian TBM ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda pemudi cigobang, relawan Motor Literasi (MOLI), dan motor perahu Pustaka Lampung (MOLI chapter Lampung Selatan) Kang Ardy, serta ibu – ibu warga Kampung Cigobang ikut memeriahkan acara tersebut.

“Saya tidak menyangka bakalan sebanyak ini anak – anak yang hadir, awalnya saya mengira hanya 5 – 10 anak, namun kenyataannya lebih dari yang saya pikirkan,” ujar Ardyanto, pria yang biasa buka lapak baca di tempat-tempat wisata.

Kegiatan kali ini telah mendapat restu dari kepala desa, dimana kepala desa terlibat sebagai pembina Taman Bacaan Masyarakat.

“Saya sangat mendukung,dengan di adakannya Taman Bacaan Masyarakat ini, karena sangat membantu  masyarakat dalam peningkatan kemampuan literasinya, Kegiatan kali ini juga mengundang para guru,mahasiswa dan aktivis yang ada di desa, Saya berharap kegiatan ini bisa terus berjalan sesuai dengan harapan kedepan.” Ujar Amir, Selaku Kepala Desa (Jupri)

News Feed