oleh

Atasi Kelangkaan Pupuk Saat Musim Tanam, Petrokimia Gresik Siapkan Stok 4 Kalilipat

Manager Humas PT Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan memberikan penjelasan ketersediaan pupuk bersubsidi bagi petani menjelang musim tanam Oktober 2019-Maret 2020 di Madiun, Senin ( 7/10/2019).

 

MADIUN, BERITATRENDS— Menghadapi musim tanam Oktober-Maret 2019-2020, PT Petrokima Gresik menyiapkan stok pupuk bersubsidi hingga empat kali lipat dari ketentuan pemerintah.

Sesuai ketentuan minimum pemerintah, PT Petrokimia Gresik harus menyediakan pupuk bersubsidi 188.018 ton untuk musim tanam Oktober 2019-Maret 2020. Namun untuk antisipasi lonjakan permintaan, PT Petrokimia menyiapkan stok pupuk bersubsidi hingga 787.280 ton

“Stok pupuk bersubsidi kami di daerah sampai empat kalilipat dari ketentuan minimum yang ditentukan pemerintah. Harapannya dengan stok ini kami tidak lagi mendengar kekurangan atau kelangkaan pupuk bersubsidi,” ujar Manager Humas PT Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan kepada wartawan di Madiun, Senin (7/10/2019) sore.

Ihwan menuturkan penyediaan stok pupuk hingga empat kalilipat dilakukan menyambut musim tanam Oktober 2019-Maret 2020. Dengan demikian, Petrokimia Gresik menjamin keberadaan pupuk bersubsidi di masing-masing daerah.

Kalau ada penyaluran pupuk bersubsidi tidak sesuai aturan, Ihwan memintasegera dilaporkan agar cepat ditindak aparat. Pasalnya pupuk bersubsidi merupakan barang dalam pengawasan.

Bila ditemukan penyimpangan, kata Ihwan, saat ini sudah dibentuk Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestesida Bersubsidi (KP3). Komisi itu memiliki kewenangan menindak pelaku kecurangan yang berada dilevel distribusi pupuk. “Kami akan tindak tegas pelaku dan distributor yang melakukan penyimpangan penyaluran pupuk bersubsidi,” jelas Ihwan.

Untuk penggunaan pupuk bersubsidi bisa optimal hasil panennya, Ihwan menyarankan sesuai hasil penelitian menggunakan pola lima tiga dua. Komposisinya, 500 kg perhektar pupuk petroganik, 300 kg perhektar NPK ponska dan 200 kg urea. (MAL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.