oleh

WCD di Magetan Targetkan 1500 Relawan Ikut Resik-Resik Kali Tengah

Anton Suseno, leader Team WCD Kabupaten Magetan

Beritatrends.com, Magetan – Word Cleanup Day (WCD) bakal digelar di Kabupaten Magetan serentak bersama 158 Negara, serta melibatkan 34 Provinsi di Indonesia yang akan berlangsung besok Sabtu 21 September 2019 bertepatan dengan Hari perdamaian Internasional.

Dengan tema “Cleanup for peaceful day” Kegiatan WCD di Magetan akan dipusatkan di Kali Tengah Magetan, dengan melakukan resik resik Kali Tengah yang ditargetkan 1500 Relawan dari unsur Pemerintah, TNI- Polri, Sekolah-sekolah, Komunitas, serta mengajak masyarakat di sepanjang bantaran kali.

Anton Suseno, leader Team WCD Kabupaten Magetan mengatakan kegiatan ini adalah awal untuk melahirkan jaringan WCD sejumplah kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapakan mampu melahirkan Jaringan WCD di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan yang akan merekomendasikan tentang sampah, bagimana pendidikan terkait sampah, mengedukasi agar sampah tidak berceceran, strategi pengurangan sampah Organik dan Non Organik, progam lanjutan, pengembangan teknologi sampah, gerakan,peraturan penegakan hukum terkait sampah, kelembaga wilayah terluar di Kabupaten Magetan serta pembiayaan di TPA.” Ucap Anton, Jum’at (20/09/19)

Menurutnya di Wilayah bagian Kota sudah bersih karena setiap hari dibersihkan, beda dengan wilayah sungai yang cenderung masyarakatnya membuang sampah disungai.

“Tepatnya di wilayah Kali Tengah Kabupaten Magetan begitu banyak masyarakat yang membuang sampah dan banyak sampah di wilayah kali sehingga di putuskan lokasi WCD 2019 berada di Kali Tengah.” terang Anton.

“Kegiatan WCD melibatkan masyarakat yang pada intinya mengajak masyarakat, ayo resik resik Kali dan kemudian bisa menjaga Kali agar bersih dan nyaman” Ujarnya.

Kegiatan ini sudah di sosilisasi kepada masyarakat melalui media dan di bantu dari relawan dengan mengeshere melaui Facebook, Instagram, dan Twiter.

Dalam kegiatan WCD anggaran berasal dari donatur sponsor, dan dukungan sarana dan prasaranan dari pemerintah Daerah. (WS/NW/SBM/IKH)